nusabali

75 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Pemasaran Digital

  • www.nusabali.com-75-pelaku-umkm-ikuti-pelatihan-pemasaran-digital

AMLAPURA, NusaBali - 75 pelaku UMKM (usah mikro kecil menengah) mengikuti pelatihan branding dan pemasaran digital. Mereka sudah punya produk yang membutuhkan pemasaran secara digital.

"Sekarang tinggal promosi dan pemasarannya lewat teknologi digital agar produk lebih cepat dikenal," jelas Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Karangasem I Wayan Sadiada,  seizin Kadis I Gede Loka Santika, di sela-sela pelatihan di salah satu rumah makan, Jalan Pesagi, Amlapura, Kamis (10/10).

Caranya, jelas dia, dengan membuat konten kreatif berupa video pemasaran lanjut ditayangkan di media sosial. Sebab  sistem pemasaran produk usaha UMKM kini 60 persen mengandalkan promosi digital. "Memang kendala utamanya, banyak pelaku UMKM belum fasih dalam dunia digital. Ini perlu pendampingan secara intensif," tambahnya.

Kata Sadiada, pemasaran secara digital telah menjadi trend zaman. Atara pembeli dan penjual produk sama-sama menggunakan teknologi digital. Pembeli bisa pesan barang dari rumah, kemudian ada jasa ojek online yang mengantar.

Di Karangasem, ada 1.790 produk UMKM berupa jasa, olahan makanan, kerajinan, dan lain-lain. "Sebenarnya mereka sebagai pelaku UMKM punya media sosial pribadi. Nantinya agar diubah menjadi media sosial usaha untuk memudahkan pembeli memilih dan memesan produk," ujar Sadiada.

Pelatihan berlangsung empat hari, sejak Senin (7/10), dibuka Pj Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa. Sebagai narasumber dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali Ni Made Winda Ariesta Natasari membawakan materi branding dalam wirausaha, dan digital marketing era revolusi 4.0.

Sedangkan dari UPTD Rumah Kreatif Disperindag Bali Kadek Yustiti Ari Anggitaning memberikan materi logo dan branding.

Anggitaning menyebutkan, pentingnya logo dan branding, itu merupakan lambang produksi. Disebutkan, logo merupakan lambang atau simbol yang mewakili perusahaan yang ditampilkan secara visual. Logo itu juga sebuah identitas agar memudahkan dalam membedakan dengan pesaingnya.

Sedangkan branding, bersifat menyeluruh seperti berupa nama, simbol atau logo, bentuk, iklan, slogan untuk menggambarkan identitas perusahaan. Jadi, pentingnya ada logo untuk membuat brand mudah dikenali dan meningkatkan brand awareness. Juga sebagai ciri khas sekaligus pembeda dari kompetitor, sebagai media promosi melalui bermacam-macam saluran komunikasi dan logo dapat menumbuhkan kesan profesional.

Narasumber Ayu Samira  mengingatkan agar mengoptimalkan penggunaan media sosial. Putu Agus Supardila menekankan pentingnya menjalin kemitraan digital marketing.7k16

Komentar