nusabali

Badung Gencarkan Gerakan Makan Ikan untuk Cegah Stunting

  • www.nusabali.com-badung-gencarkan-gerakan-makan-ikan-untuk-cegah-stunting

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) terus berupaya menurunkan angka stunting.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggencarkan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan). Pada Kamis (10/10), Plt Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Kristiani Suiasa bersama jajarannya menghadiri kegiatan Gemarikan di Balai Banjar Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung. Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan 150 paket olahan ikan siap saji kepada masyarakat yang berpotensi mengalami stunting, ibu hamil, dan balita.

Nyonya Kristiani Suiasa menyampaikan kesadaran masyarakat Badung untuk mengonsumsi ikan sebenarnya sudah cukup tinggi. Meskipun demikian, dia menilai kegiatan Gemarikan tetap penting dilakukan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi ikan, terutama bagi ibu hamil dan balita.

“Setahu saya, selama ini kesadaran masyarakat makan ikan itu sebenarnya jauh lebih bagus karena kan kita utamanya di Kabupaten Badung itu sebagian besar wilayahnya pantai, jadi konsumsi ikan itu rasanya bukan hal yang harus selalu kita sadarkan kembali. Karena mereka dari dahulu kala sudah mengkonsumsi ikan, sebagian besar juga mata pencahariannya berasal dari laut, terutama daerah Kuta ke selatan,” ujar Nyonya Kristiani Suiasa.

Lurah Seminyak Putu Gede Adi Karmita Putra menyampaikan apresiasi kepada TP PKK dan Dinas Perikanan Badung atas inisiatif yang penting ini. Dia berharap kegiatan serupa bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya, agar masyarakat bisa mengetahui makanan sehat untuk anak-anak. “Saya berharap juga Dinas Perikanan bisa berkoordinasi kepada kelurahan untuk menganggarkan KWT kepada balita dan lansia di tahun depan,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan Badung I Gede Ngurah Sedana menjelaskan bahwa program ini didasarkan pada Surat Keputusan Bupati Badung Nomor 13/0417/HK/2024 tentang Pembentukan Tim Peningkatan Ketersediaan Ikan untuk Konsumsi dan Usaha Pengolahan dalam Satu Daerah Kabupaten/Kota. Dia juga mengungkapkan kalau program Gemarikan di Kabupaten Badung didukung penuh oleh dana insentif fiskal dari pemerintah Kabupaten Badung tahun anggaran 2024.

“Dengan tema Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, Kita Mempersiapkan Generasi Penerus Bangsa yang Sehat, Kuat, dan Cerdas, program ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak,” harapnya. @ ol3

Komentar