nusabali

FIFA Sanksi Bahrain

  • www.nusabali.com-fifa-sanksi-bahrain

ZURICH, NusaBali - FIFA menjatuhkan sanksi pada Bahrain atas sikap suporternya pada laga lawan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Saat itu, fans atau suporter Bahrain meniup peluit dan menyorot pemain Jepang dengan sinar laser, pada matchday kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 10 September lalu. Saat itu, Bahrain kalah telak 0-5 dari Jepang di Bahrain National Stadium.

Kekalahan itu jadi pukulan telak bagi kubu Bahrain. Sebab, bukan hanya kalah, Bahrain juga harus menerima sanksi dari FIFA atas ulah suporter mereka. Bahkan mendapat dua sanksi denda sekaligus.

Fans Bahrain berulang kali menyorot pemain Jepang dengan sinar laser. Salah satu momen paling disorot saat ada sinar laser di wajah Ayase Ueda saat hendak mengambil penalti pada menit ke-37.

Selain sinar laser, fans Bahrain juga melakukan aksi tak patut dicontoh lainnya. Para fans tuan rumah meniup peluit pada bagian awal pertandingan, tepatnya ketika lagu kebangsaan Jepang dilantunkan.

Sanksi dari FIFA itu, dikutip dari Gulf Digital News, dan dijatuhkan untuk Bahrain pada Rabu (9/10). Sanksi itu berupa denda, karena tiap pelanggaran dihukum dengan denda senilai 5.000 CHF (franc Swiss) atau sekitar Rp 91 juta. Jadi, total denda untuk Bahrain, adalah 1.000 CHF atau sekitar Rp 182 juta.

Meski menang, Jepang tidak sedang dengan sikap fans Bahrain yang meniup peluit dan mengarahkan laser ke wajah pemain. Pelatih Hajime Moriyasu merasa kecewa dan menilai hal seperti itu harusnya tak terjadi. *

Komentar