nusabali

Unik! Perumahan di Desa Sedang, Abiansemal Menyimpan Lokasi Melukat nan Magis

  • www.nusabali.com-unik-perumahan-di-desa-sedang-abiansemal-menyimpan-lokasi-melukat-nan-magis

MANGUPURA, NusaBali.com - Siapa sangka sebuah perumahan yang tampak modern di wilayah Banjar Aseman, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung menyimpan lokasi wisata religi dengan vibrasi yang magis di dalamnya.

Di dalam Perumahan Pondok Intan Asri tidak jauh dari lokasi SMAN 2 Abiansemal di Subak Uma, Desa Sedang terdapat tempat suci bernama Pura Taman Beji. Pura ini menjadi tempat melukat dan pengobatan non medis atau disebut pula matamba.

Pura beji (tempat 'pemandian' suci) biasanya berlokasi di daerah terpencil, jauh dari pemukiman warga, terkesan angker, dan kramat. Namun, pura untuk pemandian niskala ini justru berada di dalam perumahan dan menempel dengan pemukiman warga setempat.

Berawal dari Bulakan (Mata Air)

Jero Mangku Pura Taman Beji Nengah Sandra, 74, menuturkan secara historis pura beji ini terbilang baru yakni didirikan tahun 2004. Sebelumnya, tidak terdapat pura semacam namun sudah ada mata air yang mengalir tidak putus-putus tepat di mana pura sekarang berada.

"Konon, dulu ada bulakan (mata air) tepat di mana pura sekarang berdiri. Kemudian, ada pengembangan perumahan dan bulakan itu terdampak karena ada pembangunan senderan," ujar Mangku Sandra kepada NusaBali.com, ditemui di Pura Taman Beji, Jumat (11/10/2024).

Mata air yang dulunya jadi sumber mata air untuk warga itu kebetulan berada di lereng sungai yang melintasi Subak Uma Sedang. Jika diikuti alirannya, sungai ini juga mengarah ke wilayah situs cagar budaya Pura Dalem Solo yang disucikan warga Desa Adat Sedang.

Jero Mangku Pura Taman Beji Nengah Sandra.

Karena terdampak pembangunan perumahan yang kala itu diperuntukan sebagai Kompleks Perumahan Polri Polda Bali, mata air tidak putus-putus itu ditata menjadi semacam sumur. Lantas, pengembang mendirikan palinggih non permanen (turus lumbung).

Mangku Sandra mengungkapkan salah seorang tim pengembang yang berasal dari Kintamani, Bangli meminta agar didirikan pura. "Pastinya saya tidak tahu bagaimana, tapi beliau itu memang orang yang bisa (secara spiritual). Mungkin mendapat wangsit kemudian dibikinkanlah pura," imbuh pamangku pensiunan Polri ini.

Mangku Sandra sendiri baru mengabdi di Pura Taman Beji sejak tahun 2013. Sebelumnya, pura seluas sekira satu kavling rumah ini tidak memiliki pamangku meskipun Mangku Sandra lah yang paling rajin dan terpanggil merawat, membersihkan pura.

Pura Taman Beji kini disucikan ratusan kepala keluarga (KK) beragama Hindu penghuni perumahan. Pura ini juga menjadi beji (pemandian) Ida Bhatara yang berstana di parahyangan Perumahan Pondok Intan Asri, Pura Jagatnatha, dan diakui keberadaanya oleh Desa Adat Sedang.


Komentar