nusabali

Kevin Diks Bergabung Timnas

  • www.nusabali.com-kevin-diks-bergabung-timnas

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan Kevin Diks akan bergabung Timnas Indonesia yang saat ini sedang menjalani laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Langkah itu diharapkan kekuatan Indonesia akan bertambah dengan kedatangan bek klub Liga Denmark, FC Copenhagen, Kevin Diks. Ya, bergabungnya Kevin Diks dengan Skuad Garuda diumumkan langsung Erick Thohir lewat unggahan di Instagram, Sabtu (12/10).

"Makan siang sama pemain F. C. Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, ngga lupa salaman," kata Erick Thohir. "Selamat bergabung di Timnas Indonesia, @kevindiks2," ucap Erick menambahkan.

Sudah menjadi rahasia umum, ketika Erick Thohir mengunggah di media sosial bersalaman dengan pemain keturunan, pemain itu akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Kevin Diks sendiri memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Ambon, Maluku, Natasja Diks Bakarbessy. Kevin Diks disebut sebagai pemain grade A yang gabung Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Apeldoorn, Belanda, ini memiliki banyak pengalaman di Eropa, mulai dari Vitesse Arnhem, Fiorentina, hingga Copenhagen FC.

Di Copenhagen pada musim ini, Diks tampil dalam 18 laga, 10 di antaranya di Liga Super Denmark. Musim lalu, Copenhagen ikut mendepak Manchester United (MU) dari fase grup Liga Champions.

Apabila proses naturalisasi Kevin Diks diurus dan rampung pada Oktober ini, pemain 28 tahun itu bisa debut dengan Timnas Indonesia pada November mendatang.

Setelah salaman dengan Erick Thohir, Kevin Diks pun akan menjalani proses menjadi WNI untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kevin sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (10/10). Palang pintu berpostur 186 cm itu belum pernah berlaga untuk Timnas Belanda level senior, melainkan Timnas Belanda U-21, U-20, dan U-19.

PSSI belum memberikan informasi lebih lanjut soal proses naturalisasi Kevin. Namun, melihat cara PSSI bekerja sebelumnya untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Kevin kemungkinan bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada periode November. Kevin Diks empat tahun jadi incaran Shin Tae-yong (STY). 

Netizen Indonesia yang selalu membanjiri kolom komentar Instagram pemain dengan kalimat-kalimat, please join Indonesia, atau please come to Indonesia. Yang terbaru dan paling kencang Instagram Ole Romeny dan Kevin Diks. Dua pemain yang sudah didekati PSSI untuk dinaturalisasi.

Kevin Diks terciduk di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (10/10). Sebelumnya, sang pemain juga sudah membocorkan ke media Denmark, dia sudah dihubungi PSSI dan segera menentukan.

"Ini kehormatan besar mereka merasa saya akan menjadi tambahan yang berharga untuk tim. Timnas Indonesia berkembang sangat cepat," ujar Kevin Diks sambil tersenyum lebar. *

Komentar