nusabali

Nusa Penida Festival Dimeriahkan Lomba Negul Bulung

  • www.nusabali.com-nusa-penida-festival-dimeriahkan-lomba-negul-bulung

SEMARAPURA, NusaBali - Hari ketiga Nusa Penida Festival 2024 dimeriahkan berbagai lomba tradisional di antaranya negul bulung atau mengikat rumput laut di Stage Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (12/10).

Lomba negul bulung diikuti ibu-ibu perwakilan masing-masing dusun di Desa Lembongan. Ada juga lomba gebuk bantal digelar di pantai antara pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dan lomba megolok sampan atau mendorong perahu dengan sebilah kayu sejauh 200 meter. 


Lomba ini menarik perhatian wisatawan asing. Salah seorang pengunjung, David, mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Nusa Penida. Apalagi dapat menyaksikan berbagai lomba tradisional yang digelar serangkaian Nusa Penida Festival. 

Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengatakan perlombaan tradisional ini perlu dilestarikan dan dikembangkan untuk menarik wisatawan. Dengan melibatkan wisatawan ikut lomba permainan tradisional, selain memperkenalkan potensi wisata juga memberikan kesan dan pengalaman saat wisatawan berlibur di Pulau Lembongan-Ceningan. 

“Wisatawan sangat antusias dilibatkan dalam kegiatan ini. Ke depan bisa menjadi atraksi wisata yang membuat wisatawan tinggal lebih lama,” ujar Jendrika. @ wan

Komentar