nusabali

Karangasem Rebut 6 Gelar Juara Festival Tunas Bahasa Ibu Se-Bali

  • www.nusabali.com-karangasem-rebut-6-gelar-juara-festival-tunas-bahasa-ibu-se-bali

AMLAPURA, NusaBali - Kontingen Karangasem merebut 6 gelar juara untuk tingkat  SD dan SMP dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Bali, di salah satu hotel di Sanur, Denpasar, 10 - 12 Oktober. Dari 6 gelar juara, 3 gelar dari tingkat SD dan 3 gelar juara dari tingkat SMP.

"Gelar juara ini di luar dugaan atau melebihi target. Mulanya dengan target 3 gelar. Para pemenang itu nantinya berhak tampil mewakili Bali di pentas Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Nasional 2025, berkolaborasi dengan 7 jenis lomba lainnya," jelas Ketua Kontingen FTBI Karangasem Ni Nyoman Tantri kepada NusaBali di Amlapura, Sabtu (12/10).

Kata dia, peraih juara bukanlah ikut lomba di festival tingkat nasional. Mereka hanya diundang untuk pentas di perayaan revitalisasi bahasa darah di Jakarta, Februari 2025.

Disebutkan, Kontingen Karangasem mengirim 28 siswa terbaik, masing-masing 14 nomor di tingkat  SD dan 14 nomor di tingkat SMP. Dari 14 nomor lomba tingkat SMP, 6 nomor lomba diwakili SMPN 2 Abang.

Tiga gelar juara di tingkat SMP, masing-masing nomor bebanyolan dikawinkan SMPN 2 Abang atas nama, I Komang Pande Juliantara dan Ni Kadek Heni, satu gelar juara lagi dimenangkan Ni Kadek Juliantari nomor masatua Bali.

Dua gelar juara tambahan dari tingkat SMP melalui I Gede Wayu Putaya Pasek Panuntun dari SMPN 2 Amlapura juara II mapidarta, dan I Dewa Ayu Bintang Pradnya dari SMPN SMPN 1 Sidemen, juara III mapidarta putri.

Sedangkan tiga gelar juara dari tingkat SD, Ni Kadek Ayin Dwi Pratiwi dari SDN 1 Macang, Kecamatan Bebandem juara masatua Bali, I Ketut Krisna Yudiantara dari SDN 2 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu juara mapidarta putra, dan I Wayan Aditya Arya Tresna dari SDN 7 Bugbug juara ngripta lan ngewacen.

Sedangkan dua gelar juara tambahan lainnya, melalui Ni Kadek Sri Arianti dari SDN 5 Jungutan, Kecamatan Bebandem juara II ngeripta cerpen bahasa Bali dan I Nengah Gana Wikantara Mahardika dari SDN 3 Kerta Mandala, Kecamatan Abang, juara III matembang sekar alit.

Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya mengapresiasi prestasi anak didiknya, hingga mampu mengawinkan gelar juara nomor bebanyolan. Sejak awal lomba, dia terus memantau dan memotivasi siswanya.

Terlebih lagi selama mengikuti pembinaan, tidak menemui kendala, sehingga secara mental siap berlomba. "Ternyata benar, selama berlomba, tampil memukau, sehingga dewan juri menobatkan sebagai juara," jelas I Wayan Sarya.

"Paling tidak berkat gelar juara itu, nantinya sebagai wakil Bali dalam pentas FTBI Tingkat Nasional tahun 2025," jelas I Wayan Sarya.7k16

Komentar