nusabali

Pj Bupati Klungkung Tutup Nusa Penida Festival 2024

  • www.nusabali.com-pj-bupati-klungkung-tutup-nusa-penida-festival-2024

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika secara resmi menutup Nusa Penida Festival ke-7 tahun 2024 di Pantai Devil Tears, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (12/10) malam.

Selama tiga hari, Nusa Penida Festival dikunjungi lebih dari 22.000 orang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kadis Pariwisata Klungkung, Ni Made Sulistyawati mengatakan Nusa Penida Festival 2024 melibatkan 2.000 pengisi acara yakni seniman, masyarakat lokal, dan wisatawan mancanegara.

Selama pelaksanaannya, jumlah pengunjung Nusa Penida Festival sebanyak 22.741. Rinciannya, warga negara asing sebanyak 3.553 orang dan 19.188 orang Warga Negara Indonesia. “Jumlah transaksi sebesar Rp 250 juta lebih,” ujar Sulistiawati. Nusa Penida Festival ke-7 yang sudah masuk daftar Karisma Even Nusantara (KEN) Kemenparekraf Tahun 2024 mengangkat tema ‘The Essence of Island Life’. Menggambarkan keindahan alam yang damai dan tradisi budaya unik yang mendefinisikan kehidupan di pulau, mencerminkan kesederhanaan, harmoni dengan alam. 

Rasa kebersamaan yang membuat kehidupan di pulau istimewa dan autentik diharapkan mampu menjadi gerbang tumbuhnya industri even pariwisata di Nusa Penida yang akan menjadi magnet bagi wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke Nusa Penida. “Saya ingin mengajak semua pihak untuk senantiasa dapat mempromosikan daya tarik Nusa Penida yang luar biasa ini sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama tinggal wisatawan di Nusa Penida,” ujar Sulistiawati.

Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika mengatakan Nusa Penida Festival 2024 akan menjadi pintu gerbang perkembangan industri even pariwisata Nusa Penida dengan membuka peluang usaha, menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, memberdayakan UMKM, dan memajukan sektor pariwisata ekonomi kreatif yang berkualitas. Berkelanjutan dan inklusif sehingga ke depan target pengembangan pariwisata Nusa Penida dapat tercapai. 

Banyaknya kunjungan wisatawan dan masyarakat ke Nusa Penida Festival, tingginya jumlah transaksi serta banyaknya keterlibatan pengisi acara menunjukkan kegiatan ini merupakan acara yang menarik bagi wisatawan dan masyarakat, serta selalu ditunggu pelaksanaannya. “Saya ingin mengajak semua pihak untuk senantiasa dapat mempromosikan daya tarik Nusa Penida serta menjaga pariwisata Nusa Penida agar terus berkembang dan berkelanjutan sehingga nantinya dapat terus dinikmati oleh anak cucu dan generasi penerus kita,” ujar Jendrika. @ wan

Komentar