nusabali

BI Dukung Nusa Lembongan Jadi Pulau Wisata Digital

  • www.nusabali.com-bi-dukung-nusa-lembongan-jadi-pulau-wisata-digital

Seluruh aktivitas ekonomi wisata akan menggunakan sistem pembayaran digital

DENPASAR, NusaBali
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendukung Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (TP2DD) Kabupaten Klungkung mendukung Nusa Lembongan sebagai pilot project pulau wisata digital pertama di Provinsi Bali. Dukungan tersebut menyusul  Launching Nusa Lembongan Digital Island.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan melalui inovasi tersebut  seluruh aktivitas ekonomi wisata di Nusa Lembongan akan menggunakan sistem pembayaran digital.

"Mulai dari pemesanan tiket penyeberangan ke Nusa Lembongan, transportasi lokal, pusat atraksi wisata, hingga hotel, restoran, dan pertokoan sudah menerima sistem pembayaran non tunai," ujar Kepala BI Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, Jumat (11/10).

Selain itu untuk mendorong peningkatan literasi keuangan masyarakat di Nusa Lembongan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali juga melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai pembayaran non tunai (QRIS) dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta menyelenggarakan kas keliling wilayah 3T (tertinggal,terdepan dan terluar).

Erwin Soeriadimadja berharap agar inovasi TP2DD Kabupaten Klungkung melalui launching Nusa Lembongan Digital Island dapat membawa semangat baru untuk masa depan pembayaran digital yang lebih efektif, efisien, dan inklusif. 

Ke depannya terdapat 5 area digitalisasi yang akan terus diperkuat yaitu sektor pariwisata, UMKM, pelaku usaha, Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), dan infrastruktur pendukung untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas kepada masyarakat khususnya di Nusa Lembongan dan Kabupaten Klungkung. 

Launching Digital Island Nusa Lembongan dilakukan  pada acara Nusa Penida Festival (NPF) yang Kamis (10/10) Oktober 2024  bertempat di Devil Tears Nusa Lembongan. 

Pj. Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika menyampaikan  Launching Digital Island Nusa Lembongan merupakan Program Unggulan TP2DD Klungkung yang diwujudkan melalui penyusunan Blueprint Digital Island Nusa Lembongan. Blueprint ini dirancang dalam rangka percepatan dan perluasan digitalisasi daerah Kabupaten Klungkung.

Nyoman Jendrika  memberi apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang senantiasa mendukung perluasan digitalisasi di Kabupaten Klungkung termasuk di Nusa Lembongan.

"Digitalisasi ini diharapkan dapat memajukan pariwisata yang berkualitas, mendorong dan menggerakkan perekonomian masyarakat, meningkatkan kunjungan dan lama kunjungan wisatawan. Serta  dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Klungkung," ujar Jendrika. K17. 

Komentar