nusabali

Calon Bupati Gus Par Bertemu Tokoh Puri Karangasem

Siap Kawal Program Pelestarian Adat dan Budaya

  • www.nusabali.com-calon-bupati-gus-par-bertemu-tokoh-puri-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - Calon Bupati Karangasem yang diusung koalisi Partai NasDem dan Partai Golkar, I Gusti Putu Parwata bertemu para tokoh Puri Karangasem dalam acara tatap muka, dengan memaparkan visi dan misi di Puri Karangasem, Jalan Sultan Agung Amlapura, Minggu (13/10).

Gus Par menegaskan jika terpilih nanti siap menguatkan pelestarian adat dan budaya Karangasem, salah satunya yang bersumber dari Puri Karangasem. Saat tiba di Puri Karangasem, Gus Par diterima Manggala Puri Agung Karangasem, AA Bagus Parta Wijaya. 

Sementara beberapa tokoh Puri Karangasem yang hadir di antaranya, AA Bagus Ngurah Agung dari Puri Gede, AA Gede Putra Sanjaya dan yang lainnya. Juga hadir tokoh muslim dari beberapa kampung muslim, tokoh gria, dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Karangasem. Sementara Gus Par didampingi Ketua Badan Pemenangan Cabup-Cawabup, Gus Par-Pandu, I Gede Krisna Adi Widana. 

Menurut Adi Widana, pasangan Gus Par-Pandu, di Pilkada Karangasem 2024 yang akan digelar pada puncaknya 27 November 2024, diusung Partai NasDem, Partai Golkar. Pasangan Nomor Urut 3 ini dibackup relawan GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu), relawan 7-1 dan pasemetonan muslim. 

“Kedatangan kami ke Puri Agung Karangasem mohon doa restu, agar pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem nomor urut 3, menang di Pilkada Karangasem, selanjutnya bersinergi dengan Puri Agung Karangasem,” ujar Adi Widana.

Sebab, kata dia, pasangan nomor urut 3, memiliki visi dan misi mulia yang salah satunya melestarikan adat dan budaya Karangasem, menuju Karangasem yang Agung, terinspirasi dari keagungan Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali dan pusat inisiasi umat Hindu di Bali. “Agung juga berarti, Aman, Gigih, Unggul, Nyaman, Gemah Ripah Loh Jinawi,” ujar Adi Widana.

Sementara Anggota Tim Ahli Badan Pemenangan Gus Par-Pandu, I Putu Arnawa juga menyatakan, pasangan Gus Par-Pandu akan berjuang untuk mengembalikan Puri Karangasem sebagai pusat kebudayaan. “Hanya Puri Karangasem yang memiliki Taman Sukasada Ujung, Taman Tirta Gangga karena Raja Karangasem XVI Anak Agung Anglurah Ktut Karangasem, memiliki jiwa seni, arsitek dan penekun spiritual.

Sedangkan Gus Par juga sepakat untuk membangkitkan Puri Karangasem sebagai pusat kebudayaan, pusat kegiatan dan sebagai tempat belajar sastra dan seni. “Maka dari itu, saya mohon doa restu, agar berhasil di Pilkada Karangasem,” ujar Gus Par.

Manggala Puri Karangasem AA Bagus Parta Wijaya, sepakat Puri Karangasem nanti bersinergi dengan pemerintah Karangasem, dalam hal memajukan dan melestarikan adat dan budaya. “Sebab Puri Karangasem memiliki visi dan misi seperti itu juga,” ujar Parta Wijaya. k16

Komentar