nusabali

Dishub Gianyar Nunggak Ribuan Pemasangan LPJ

  • www.nusabali.com-dishub-gianyar-nunggak-ribuan-pemasangan-lpj

GIANYAR, NusaBali - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gianyar mencatat 6.000 tunggakan permohonan pemasangan lampu penerangan jalan (LPJ).

Jumlahnya tersebar di 7 kecamatan. Menuntaskan tunggakan permohonan ini, Dishub merealisasikan pengadaan LPJ secara bertahap. “Pengadaan sekarang sebanyak 971 titik LPJ baru di tujuh kecamatan. Kami punya tunggakan permohonan 6.000 lebih titik lampu,” jelas Kadishub Gianyar I Made Arianta, Senin (14/10). 

Jumlah LPJ berbeda tiap kecamatan sesuai dengan titik yang diperlukan. Pengadaan 971 LPJ sedang dikerjakan oleh CV Surya Mas Gemilang dengan nilai kontrak Rp 3.484.785.725. “Sudah mulai pengerjaan. Mulai 9 Agustus selama 120 hari kalender berakhir pada 6 Desember 2024,” jelas Arianta. Dengan penambahan ini, jumlah LPJ yang menerangi jalan pedesaan di Gianyar sebanyak 15.571 titik. “Awalnya sudah punya 14.600 LPJ, tambah pengadaan sekarang jadi sudah 15 ribuan lebih,” jelasnya. 

Selain atas permohonan masyarakat, titik LPJ yang dipasang diprioritaskan pada lokasi yang rawan kecelakaan maupun rawan keamanan. Spek lampu yang digunakan ramah lingkungan, LED 40 watt. Secara bertahap, Dishub juga akan mengganti lampu son 150 watt yang tidak efektif karena boros. Ke depan semakin banyak lampu semakin efisien. “Kami bertahap mengadakan lampu sejak tahun 2022,” ungkap Arianta. 

Dishub Gianyar menyiagakan 4 regu dan 4 mobil sky life yang bekerja setiap hari kecuali Nyepi untuk pemeliharaan. Dishub juga punya 370 personel satgas pemantauan fasilitas perlengkapan jalan. Mereka bertugas di 70 desa se-Kabupaten Gianyar dengan pembagian kerja di wilayah yang terdekat dengan alamat tinggal. “Ada 370 personel, kalau lampu mati petugas terdekat ngecek dulu. Jika ada korslet atau perlu tindakan lebih lanjut baru hubungi regu,” jelas Arianta. 7 nvi

Komentar