nusabali

Operasi Zebra Agung, Polres Jembrana Fokus Sasar 6 Pelanggaran

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-agung-polres-jembrana-fokus-sasar-6-pelanggaran

NEGARA, NusaBali - Polres Jembrana menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Agung 2024 di Mapolres Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Senin (14/10). Operasi kali ini difokuskan menyasar 6 pelanggaran lalulintas.

Pelaksanaan Operasi Zebra Agung tahun ini mengusung tema ‘Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat untuk Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman’. Operasi akan berlangsung selama 14 hari hingga Minggu (27/10) mendatang.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto saat memimpin apel dan menyampaikan amanat dari Kapolda Bali, menekankan bahwa operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas. Serta menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terus meningkat di wilayah Bali.

Dalam operasi ini, sambung AKBP Endang, terdapat beberapa target utama yang menjadi perhatian, khususnya perilaku pengendara yang berpotensi menyebabkan pelanggaran lalulintas, kemacetan, maupun kecelakaan lalulintas (lakalantas). Total ada 6 pelanggaran lalulintas yang menjadi fokus sasaran operasi.

Enam pelanggaran dimaksud adalah berkendara melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol atau menggunakan handphone, tidak menggunakan helm (roda dua) dan sabuk pengaman (roda empat), pengendara di bawah umur, kendaraan tanpa surat-surat lengkap dan modifikasi tidak standar, serta pelanggaran rambu lalulintas.

“Operasi Zebra Agung 2024 akan dilaksanakan dengan pendekatan yang lebih edukatif dan persuasif. Namun tetap didukung dengan penegakan hukum melalui sistem electronic traffic law enforcement (ETLE) yang bersifat statis maupun mobile,” ujar AKBP Endang. 

Di samping itu, AKBP Endang menyampaikan bahwa penekanan pada tindakan preemtif dan preventif juga dilakukan. Seperti sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya tertib berlalulintas kepada masyarakat. Dengan melibatkan 1.025 personel di seluruh wilayah Bali, diharapkan Operasi Zebra Agung 2024 dapat meminimalisir pelanggaran lalulintas, kemacetan, dan kecelakaan, terutama menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. 

“Operasi ini juga mendukung upaya peningkatan keselamatan jalan raya untuk mewujudkan situasi lalulintas yang aman, nyaman, dan tertib. Operasi Zebra Agung ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi keselamatan masyarakat di jalan raya serta menjaga kondusifitas Bali sebagai destinasi wisata internasional,” ucap AKBP Endang. 7 ode

Komentar