nusabali

Surat Suara Pilgub dan Pilkada Buleleng Datang Sangat Awal

  • www.nusabali.com-surat-suara-pilgub-dan-pilkada-buleleng-datang-sangat-awal

SINGARAJA, NusaBali - Surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali sekaligus untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buleleng 2024, dituntaskan lebih awal.

Seluruh surat suara yang diperlukan sudah sampai di gudang KPU Buleleng yang berlokasi di wilayah Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Senin (14/10).
 
Surat suara diangkut dari percetakan PT Temprina di Denpasar menuju Buleleng pada pukul 10.45 wita, via Bedugul. Truk pengangkut surat suara tiba di gudang KPU Buleleng pukul 14.00 wita dan langsung dibongkar dan diturunkan.
 
Komisioner KPU Buleleng Ngurah Cahyudi Wiratama mengatakan, total ada 613 kotak yang masing-masing di dalamnya berisi 2.000 lembar surat suara. Sebanyak 307 kotak untuk 612.045 lembar surat suara Calon Bupati-Wakil Bupati Buleleng. Sedangkan 306 kotak untuk 610.045 lembar surat suara Calon Gubernur-Wakil Gubernur Bali.
 
Dia menyebut seluruh surat suara yang dicetak sudah melalui proses persetujuan dari masing-masing pasangan calon (paslon). Bahkan diskusi desain sampel surat suara dilakukan sebanyak tiga kali.
 
“Surat suara Calon Bupati-Wakil Bupati Buleleng lebih banyak karena memang dicetak lebih 2,5 persen untuk antisipasi PSU (Pemungutan Suara Ulang),” terang Ngurah Cahyudi.
 
Selanjutnya, KPU Buleleng baru akan memulai proses sortir lipat  hari ini Selasa (15/10). Ngurah menyebut KPU Buleleng tidak akan buru-buru mengejar target pelipatan karena waktu persiapan cukup panjang. Namun seluruh waktu akan dimaksimalkan terutama untuk pengemasan surat suara dan logistik ke dalam kotak suara.
 
“Waktu lebih awal ini juga untuk mengantisipasi terjadi kekeliruan dalam penyiapan logistik Pilkada hingga didistribusikan nanti. Kami punya waktu panjang untuk melakukan pengecekan kembali sebelum logistik terkirim ke desa/kelurahan,” papar dia.7 k23

Komentar