nusabali

ASEAN Dukung Timnas ke Piala Dunia

Erick Thohir Bertemu Madam Pang di Thailand

  • www.nusabali.com-asean-dukung-timnas-ke-piala-dunia

Terima kasih apresiasi dan dukungan untuk Indonesia yang berjuang di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kita bersaing di lapangan selama 90 menit, selebihnya kita kembali sebagai sahabat untuk saling mendukung satu sama lain.

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir bertemu dengan para Presiden Federasi Sepak Bola negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN), termasuk Thailand, Nualphan Lamsam alias Madam Pang, di Bangkok, Thailand.

Dengan Madam Pang menjadi pertemuan kedua Erick Thohir dalam beberapa pekan terakhir. Sebab sebelumnya Madam Pang juga ke Jakarta untuk menemui Erick Thohir.

"Setelah pekan lalu Presiden Federasi Sepak Bola Thailand, Nualphan Lamsam atau Madame Pang berkunjung ke Indonesia," ujar Erick Thohir dalam Instagram pribadinya.

"Kini giliran saya diundang untuk berdiskusi dengan para presiden federasi sepak bola dari Asia Tenggara di Thailand," kata Erick Thohir, menambahkan.

Erick Thohir dan para presiden federasi sepak bola di Asia Tenggara membahas sejumlah hal. Mulai dari pembinaan usia dini, kompetisi yang kompetitif, sampai kualitas wasit.

"Kami mendorong agar sepak bola di Asia Tenggara membangun pembinaan usia muda yang berjenjang, kompetisi yang lebih kompetitif termasuk perbaikan kualitas wasit agar bisa bersaing di level Asia," ucap Erick Thohir.

Selain itu, Timnas Indonesia mendapatkan dukungan dari pertemuan itu. Skuad Garuda menjadi satu-satunya wakil ASEAN di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Terima kasih apresiasi dan dukungan untuk Indonesia yang sedang berjuang di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kita bersaing di lapangan selama 90 menit, selebihnya kita kembali sebagai sahabat untuk saling mendukung satu sama lain," kata Erick Thohir.

Sementara itu, media Vietnam, Soha, mendukung dan menjagokan Indonesia mengalahkan tuan rumah China, Selasa (15/10) malam ini. Soha juga menyoroti situasi di kubu China yang lebih buruk, dan selalu kalah dalam tiga laga dan kini terbenam di dasar klasemen. Hasil ini membuat Branko Ivankovic rawan dipecat dari kursi pelatih.

Parahnya, kondisi ini semakin diperuncing dengan kabar konflik internal yang melanda skuad China. Soha menukil kabar terkini dari dua media China, Sohu dan Page 163. Ivankovic dikabarkan kehilangan kontrol di ruang ganti China, karena para pemain tak lagi mempercayai pelatih asal Serbia tersebut. Bahkan, nama calon pengganti Ivankovic sudah disebut, dia adalah Colin Bell dari Inggris. 

Meski berlaga di China, Timnas Indonesia tak akan kesepian. Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok siap membawa pasukan demi mendukung Jay Idzes dkk di stadion.

PPI adalah organisasi yang beranggotakan para pelajar Indonesia di luar negeri. Setiap negara atau wilayah, biasanya ada PPI yang tak jarang juga bersinggungan langsung dengan Kedutaan Besar Indonesia di negara tersebut.

Nah, di China, ada PPI Tiongkok yang merupakan PPI pusat di Negeri Tirai Bambu. Dalam kesempatan Timnas Indonesia kali ini, mereka akan menjadi 'tuan rumah' bagi para suporter Garuda yang berangkat ke Qingdao.

Kepada Bola.com, Windi Rahmasari, Ketua PPI Shandong, sudah menyiapkan banyak hal menyambut kedatangan Timnas Indonesia di China. Selain membantu ticketing bagi suporter dari Indonesia, PPI Tiongkok juga mengakomodasi mereka, termasuk soal transportasi.

PPI Tiongkok juga sebelumnya mengakomodasi tiket suporter Timnas Indonesia. Windi mengatakan seluruh alokasi dari CFA (Federasi Sepak Bola China) yang berjumlah 250 tiket sudah terjual habis.

Antusiasme PPI Tiongkok dan WNI di China pada umumnya sangat membara dalam menyambut Timnas Indonesia. Windi bercerita, sudah punya yel-yel penyemangat buat anak asuh Shin Tae-yong nanti.

"Tapi tenang, kita siapkan semuanya. Kita juga siapkan drum, bendera, pokoknya pernak-pernik suporter. Kita siap jadi pasukan pendukung Timnas Indonesia," kata Windi Rahmasari. *

Komentar