nusabali

Sniper Siaga di Atap Stadion, Italia Hancurkan Israel

  • www.nusabali.com-sniper-siaga-di-atap-stadion-italia-hancurkan-israel

UDINE, NusaBali.com - Bek Italia, Giovanni Di Lorenzo, tampil gemilang dengan mencetak dua gol saat timnya meraih kemenangan meyakinkan 4-1 atas Israel dalam laga UEFA Nations League yang berlangsung di Bluenergy Stadium, Udine, Senin (14/10/2024) waktu setempat atau Selasa dini hari.

Dengan hasil ini, Italia mempertahankan posisi teratas Grup A Liga Dua dengan 10 poin, satu poin di depan Prancis yang juga meraih kemenangan 2-1 atas Belgia. Italia membutuhkan setidaknya satu poin dari dua pertandingan sisa untuk memastikan tempat di babak berikutnya.

Striker Mateo Retegui membuka keunggulan untuk Italia dengan mengeksekusi penalti yang mengarah ke sudut atas gawang pada menit ke-41. Setelah jeda, Di Lorenzo menggandakan keunggulan dengan sundulan menyambut tendangan bebas Giacomo Raspadori.

Mohammed Abu Fani sempat memperkecil ketertinggalan Israel pada menit ke-66 dengan gol langsung dari tendangan sudut, namun Federico Dimarco mengkreasi gol ketiga Italia untuk Davide Frattesi sebelum Di Lorenzo menutup kemenangan dengan tembakan dari luar kotak penalti.

"Di babak pertama, tim menunjukkan sikap yang baik. Kami berhasil mengejutkan mereka beberapa kali dengan umpan Di Lorenzo kepada Retegui," ujar pelatih Italia, Luciano Spalletti, dalam konferensi pers dikutip ESPN. 

"Ruang yang kami miliki cukup sempit, tetapi kami banyak berada di depan gawang lawan, ini menunjukkan bahwa para pemain bermain dengan baik."

Pertandingan ini juga dilangsungkan dengan pengamanan ketat, termasuk kehadiran sniper di atap stadion dan kehadiran polisi yang banyak di kota Udine, karena Israel bermain di luar Hungaria yang netral untuk pertama kalinya tahun ini akibat perang yang sedang berlangsung dengan Hamas. 

Udine dalam keadaan siaga tinggi, dengan laga berlangsung di tengah konflik yang terus berlanjut di Timur Tengah yang telah menyebar ke Lebanon setelah perang lebih dari satu tahun di Gaza. Namun, baik pertandingan maupun demonstrasi pro-Palestina yang berlangsung sebelumnya berjalan tanpa insiden.

Italia mendominasi penguasaan bola sejak awal, tetapi Israel mendapatkan peluang bagus melalui Oscar Gloukh yang tembakannya meleset tipis dari gawang. Kiper Israel, Omri Glazer, juga melakukan penyelamatan bagus untuk menahan tembakan Retegui dari jarak dekat.

Glazer kembali menunjukkan kemampuannya dengan mementahkan tembakan Retegui, sebelum akhirnya Italia mendapatkan penalti setelah Dor Peretz melanggar Sandro Tonali. Retegui pun sukses mengeksekusi penalti dan membuka skor.

Di Lorenzo menggandakan keunggulan pada menit ke-54 dengan sundulan yang menggetarkan jala setelah memanfaatkan tendangan bebas Raspadori. Meskipun Israel sempat mencetak gol balasan setelah pemeriksaan VAR, Italia semakin percaya diri dan Frattesi mencetak gol ketiga pada menit ke-72 dengan penyelesaian yang rapi, sebelum Di Lorenzo menutup kemenangan di menit ke-79.

Sejak mencetak gol untuk Italia pada September 2021 melawan Lithuania, Di Lorenzo kini telah mengoleksi lima gol, sementara rekannya di lini pertahanan, Dimarco, mencetak tiga gol.

Israel, yang dipromosikan ke Liga A pada edisi sebelumnya, terpuruk di dasar klasemen grup tanpa mengantongi satu poin pun. "Anda bisa melihat sentuhan Spalletti pada tim ini, dan ketika mereka bermain seperti malam ini, lawan akan kesulitan," kata pelatih Israel, Ran Ben Shimon.

Italia selanjutnya akan menghadapi tim asuhan Domenico Tedesco pada bulan November sebelum bertanding melawan Prancis di laga kandang terakhir mereka. 

Komentar