nusabali

Kantor Kemenag Gianyar Diperiksa Tim MenPAN RB

  • www.nusabali.com-kantor-kemenag-gianyar-diperiksa-tim-menpan-rb

Segala pelayanan di Kemenag Gianyar tidak dipungut biaya.

GIANYAR, NusaBali
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gianyar terus menggodok pelayanan kepada umat secara online maupun offline. Pelayanan tersebut tanpa pungutan biaya atau gratis. 

Dengan kebijakan itu, Kantor Kemenag Kabupaten Gianyar memaparkan desk evaluasi di hadapan Tim Penilai Nasional pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Selasa (15/10). 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba bersama tim pembangunan ZI WBK Kemenag Gianyar melaksanakan presentasi secara daring. 

Kurang lebih selama dua jam, tim penilai dari MenPAN RB melaksanakan tanya jawab terkait pelayanan maupun inovasi yang disediakan Kemenag Gianyar kepada umat, khususnya masyarakat Kabupaten Gianyar. 

“Komitmen pembangunan ZI sudah dimulai dari tahun 2018 sampai saat ini. Kami sangat komitmen memitigasi risiko korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Kami sampaikan bahwa Kantor Kemenag Gianyar siap menuju wilayah bebas korupsi,” tegas Ida Bagus Oka Yusa. 

Ida Bagus Oka Yusa menambahkan, segala sesuatu yang berkaitan pelayanan di Kemenag Gianyar tidak dipungut biaya. Begitu juga pegawai yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada umat dipastikan tidak menerima sesuatu yang mengarah KKN. 

Dalam diskusi yang cukup hangat tersebut, tim MenPAN RB terus menggali layanan apa yang riskan terjadinya gratifikasi maupun korupsi. Ida Bagus Oka Yusa dan tim Kemenag Gianyar menegaskan selama pelayanan yang disediakan tidak ada hal-hal yang melanggar hukum. 

“Semua pegawai sudah ditegaskan dan diingatkan setiap saat agar tidak menerima gratifikasi maupun suap saat melayani umat. Saat apel Senin maupun apel Jumat, seluruh pegawai diingatkan agar tidak melakukan tindakan KKN,” tegas Ida Bagus Oka Yusa. 

Tim MenPAN RB memberikan apresiasi kesiapan Kantor Kemenag Gianyar dalam evaluasi maupun presentasi telah matang. Termasuk langkah-langkah dalam meminimalisir terjadinya KKN telah dicegah secara dini di lingkungan Kantor Kemenag Gianyar dalam melayani umat. 7 nvi

Komentar