nusabali

Ular Piton Dievakuasi saat Pujawali di Pura Luhur Uluwatu

  • www.nusabali.com-ular-piton-dievakuasi-saat-pujawali-di-pura-luhur-uluwatu

MANGUPURA, NusaBali - Pamedek yang sedang menghadiri Pujawali Ida Betara Pura Luhur Uluwatu dikagetkan dengan kemunculan ular jenis piton yang cukup besar di area Parantenan Pura Luhur Uluwatu, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung pada Selasa (15/10) sekitar pukul 11.21 Wita.

Ular tersebut terlihat muncul dari sebuah lubang, namun tidak sampai melukai pamedek yang tengah bersembahyang. 

Salah seorang pamedek segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Badung yang sedang berjaga dalam rangka pengamanan pujawali. Ular piton tersebut kemudian dievakuasi dengan cepat oleh petugas Damkar tanpa menimbulkan kepanikan di kalangan pamedek.

Bendesa Adat Pecatu I Made Sumerta tak memungkiri hal tersebut. Dia menjelaskan jika ular memang sering terlihat di kawasan Uluwatu karena lokasinya yang dekat dengan tebing dan hutan.

“Di sini kan ada tebing dan hutan, kemarin juga terlihat ular. Astungkara (syukur), begitu ada Damkar, langsung ditangani dengan baik,” ujar Sumerta ditemui setelah persembahyangan pada Selasa (15/10) siang.

Sumerta menegaskan bahwa kemunculan ular tersebut tidak memiliki kaitan mistis dengan upacara pujawali yang sedang berlangsung. Ular itu hanya mengganggu perhatian pamedek tanpa melukai siapa pun. Bahkan setelah ditangkap, ular tersebut dilepaskan kembali ke habitatnya tanpa dilukai, karena semua makhluk, menurutnya, harus didoakan.

“Ularnya ada di sini memang, semua makhluk memang harus kita doakan. Mengganggu perhatian pamedak saja tapi tidak sampai melukai. Tidak ada kaitan mistis dengan munculnya ular saat upacara pujawali,” kata Sumerta. 7 ol3

Komentar