nusabali

Guru PAUD Ikuti Bimtek Penanganan Dasar Anak Berkebutuhan Khusus

  • www.nusabali.com-guru-paud-ikuti-bimtek-penanganan-dasar-anak-berkebutuhan-khusus

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng menggelar bimbingan teknis (Bimtek) identifikasi dan penanganan dasar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Selasa (15/10). Kegiatan ini menyasar puluhan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Buleleng.

Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika mengatakan, bimtek ini bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan yang merata kepada seluruh masyarakat. Menurutnya, PAUD memiliki peran sangat strategis dalam memberikan stimulasi yang optimal bagi tumbuh kembang anak, termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.
 
Kondisi ini disebut Astika memerlukan pemahaman khusus guru PAUD, untuk memahami karakteristik dan jenis-jenis ABK. Sehingga jika ditemukan, dapat diberikan penanganan yang tepat.
 
“Kita menyadari bahwa setiap anak memiliki potensi dan karakteristik yang berbeda-beda, termasuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Keberadaan anak berkebutuhan khusus di lingkungan belajar kita merupakan sebuah keberagaman yang harus kita syukuri dan kita layani dengan sebaik-baiknya,” kata Astika.
 
Sejauh ini Disdikpora Kabupaten Buleleng telah memberikan layanan pendidikan yang merata bagi seluruh masyarakat dengan pembentukan Unit Layanan Disabilitas (ULD) bidang pendidikan. Seluruh satuan pendidikan wajib menyediakan akses maupun penanganan lainnya. Hal ini untuk memastikan anak-anak disabilitas mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dalam proses pembelajaran.
 
Sementara itu, Bimtek ini menjadi awal untuk menuju layanan pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas bagi seluruh anak usia belajar. Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi masing-masing.7 k23

Komentar