nusabali

KPU Buleleng Mulai Lipat Surat Suara Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-kpu-buleleng-mulai-lipat-surat-suara-pilkada-2024

SINGARAJA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng mulai proses sortir dan lipat surat suara Pilkada 2024, Selasa (15/10). Sebanyak 100 orang tenaga harian lepas dipekerjakan di Gudang KPU Buleleng, di Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, proses sortir lipat surat suara dilakukan bertahap. Tahap pertama yang dikerjakan adalah surat suara Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Bali. Kata dia, sebanyak 100 orang pekerja akan menghabiskan surat suara Cagub-Cawagub terlebih dulu. Setelah itu baru akan dilanjutkan ke surat suara Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Buleleng.

“Jumlah pekerja yang dilibatkan untuk pelipatan surat suara kali ini tidak sebanyak saat Pileg/Pilpres 2024, karena jumlah jenis surat suara tidak sebanyak Pemilu. Selain itu ukurannya juga lebih kecil, jadi pekerjaannya lebih ringan,” ucap Dudhi.

Sebanyak 100 orang pekerja itu dibagi menjadi sepuluh kelompok untuk memudahkan pendataan dan pengaturan pelipatan. Satu jenis surat suara ditargetkan tuntas dalam tiga hari sortir lipat. Sehingga total estimasi yang diperlukan untuk melipat dan menyortir seluruh surat suara tidak lebih dari satu minggu.

Dudhi menyebut persiapan panjang dan sisa waktu panjang yang tersisa jelang pencoblosan menjadi kesempatan KPU Buleleng untuk meniadakan persoalan dan kendala logistik pemilu. Seluruh proses penyiapan logistik Pilkada 2024 ini akan dilakukan dengan cermat, teliti dan hati-hati. Sehingga tidak terulang kembali salah distribusi surat suara seperti pada Pemilu lalu dan berdampak pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara itu jumlah surat suara dan logistik Pilkada 2024 yang lebih sedikit dibandingkan Pemilu, KPU Buleleng tidak perlu pusing memikirkan tata letak penyimpanan. Namun antisipasi dan pengamanan tetap dilakukan dengan ketat, untuk menutup segala kemungkinan yang dapat mengganggu penyiapan logistik.

Sebelumnya surat suara untuk Pilkada 2024, tiba lebih awal di gudang KPU Buleleng pada Senin (14/10) kemarin. Total ada 613 kotak yang masing-masing di dalamnya berisi 2.000 lembar surat suara. Sebanyak 307 kotak berisi 612.045 lembar surat suara Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Buleleng. Sedangkan 306 kotak berisi 610.045 lembar surat suara Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Bali.k23

Komentar