nusabali

Pembekalan Calon Menteri Prabowo Digelar Tertutup

  • www.nusabali.com-pembekalan-calon-menteri-prabowo-digelar-tertutup

JAKARTA, NusaBali - Sejumlah calon menteri pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) menerima pembekalan, antara lain mengenai geopolitik dan ekonomi dari pakar dan praktisi yang di antaranya berasal dari luar negeri, di kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10).

Dalam susunan acara pembekalan yang dibagikan oleh Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, kegiatan pembekalan itu berlangsung selama dua hari, yaitu pada Rabu pukul 08.00 WIB-16.00 WIB, kemudian dilanjutkan pada Kamis pukul 09.00 WIB-16.00 WIB. Presiden Terpilih Prabowo Subianto membuka acara pembekalan itu pada pukul 08.00 WIB, yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Dalam acara pembekalan hari pertama, para calon menteri menerima materi mengenai kepemimpinan, geopolitik, kenegaraan, dan materi khusus mengenai produk domestik bruto (PDB). Selepas materi itu, para calon menteri berdiskusi dalam sesi tanya jawab. Kegiatan pembekalan yang sama dijadwalkan berlanjut pada Kamis (17/10) hari ini di Hambalang. Materi berikutnya yang diterima oleh para calon menteri itu mengenai kecerdasan buatan (AI), media dan komunikasi, lapangan kerja masa depan, dan materi antikorupsi.

Salah satu materi yang disampaikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto adalah mengenai penggunaan APBN agar tepat sasaran. "Pesan yang paling mendalam bahwa APBN itu benar-benar harus digunakan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat," ungkap Supratman Andi Agtas, kader Partai Gerindra, salah satu calon menteri yang saat ini masih menjabat Menteri Hukum dan HAM usai mengikuti pembekalan.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Rifky Harsya (kiri) lambaikan tangan usai ikuti pembekalan. –ANTARA 

Dia menyebutkan Prabowo berpesan kepada para calon menteri untuk membantunya ketika menjabat. Dikatakannya, para calon menteri juga diberikan bekal untuk bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta saling berkoordinasi untuk menjalankan visi misi Presiden mendatang. Meski begitu, hingga akhir acara pembekalan, Prabowo belum menentukan posisi menteri mana saja.

"Belum ada, belum ada, sama sekali belum ada. Itu soal di mana, siapa, akan di mana nanti akan diumumkan oleh Presiden," terang Supratman. Sedangkan Politikus Partai Golkar Nusron Wahid menyebut presiden terpilih Prabowo Subianto mewanti-wanti jajaran calon menterinya untuk mengamankan aset negara dan mencegah APBN jangan sampai bocor. Saat memberi pembekalan di kediaman pribadi Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, Nusron melanjutkan Prabowo juga mengingatkan jajaran calon menterinya untuk nantinya berhemat saat menggunakan APBN.

“Pembekalannya ya nanti kalau diangkat kerja yang baik, terus jangan korupsi. Harus membantu penghematan biaya-biaya APBN. Jangan sampai APBN bocor,” kata Nusron Wahid menceritakan isi pembekalan yang diberikan Prabowo kepada calon-calon menterinya di Hambalang. Nusron, yang ditemui saat hendak meninggalkan kompleks kediaman Prabowo di Hambalang, melanjutkan presiden terpilih juga berpesan kepada calon menterinya untuk menjaga aset-aset negara mulai dari hutan, tanah, laut.

“Jangan sampai diserobot asing, diserobot orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Nusron. Di lokasi yang sama, calon menteri yang juga hadir, Meutya Hafid menyebut dalam acara pembekalan itu presiden terpilih meminta mereka untuk bekerja cepat dan mampu bekerja sama dalam tim. “(Pesan penting Prabowo, red.) kerja cepat, kerja bersama dengan baik. Tantangan ke depan itu berat, untuk itu kita semua harus bergerak dengan cepat,” kata Meutya. Kemudian, Muhaimin Iskandar, ketua umum PKB, yang juga mengikuti acara pembekalan di Hambalang menyebut acara itu merupakan persiapan untuk membentuk kabinet pemerintahan ke depan. “Semua, semua pemetaan, persiapan, dan perencanaan,” kata Cak Imin, panggilan populer Muhaimin.

Acara pembekalan dihadiri sejumlah menteri pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin yang tetap berada di kabinet pemerintahan mendatang, seperti Sri Mulyani, Airlangga Hartarto, Pratikno, Agus Harimurti Yudhoyono, Budi Arie Setiadi, Erick Thohir, dan Saifullah Yusuf.

Calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka juga menghadiri acara tersebut. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto juga tampak hadir. Sebelumnya, pada hari Senin (14/10) dan Selasa (15/10) calon presiden terpilih pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Kertanegara Jakarta, telah memanggil sejumlah menteri, calon menteri, calon wakil menteri berasal dar kalangan pejabat, politisi, aktivis, pesohor, pengusaha, akademisi, dan profesional lainnya. Pembekalan di Hambalang berlangsung tertutup. Pers hanya berada di luar gerbang masuk kediaman Prabowo dan menyaksikan kedatangan peserta pembekalan yang melintas masuk dengan masing-masing kendaraannya.

Pembekalan pada hari Rabu kemarin diikuti oleh sejumlah menteri dan calon menteri, sedangkan untuk calon wakil menteri dan pejabat lain yang akan masuk di jajaran kabinet mendatang, dijadwalkan pada hari Kamis (17/10) hari ini. Lebih dari 100 orang terdiri atas menteri, calon menteri, dan pejabat serta politisi, termasuk staf dan petugas pengamanan yang hadir di kediaman Prabowo. 7 ant

Komentar