nusabali

Perkumpulan Anak TNI Gelar Sudirman Festival

  • www.nusabali.com-perkumpulan-anak-tni-gelar-sudirman-festival

DENPASAR, NusaBali - Perkumpulan anak TNI baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun yang tergabung dalam Anak Serdadu Inovasi Kreatif (Asik) akan menyelenggaran Sudirman Festival selama tiga hari, 18-20 Oktober 2024.

Festival yang akan dipusatkam di Jalan PB Sudirman, Denpasar ini digelar sebagai rangkaian HUT ke-79 TNI dan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-96. Ini untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan Indonesia khususnya Panglima Besar Jenderal Sudirman dan I Gusti Ngurah Rai. 

Ketua panitia Sudirman Festival Tonny Kushartanto saat jumpa pers di Denpasar pada Selasa (15/10) sore, mengatakan festival ini digelar untuk meningkatkan semangat anak bangsa dalam bela negara, menghargai jasa para pahlawan, meningkatkan sinergitas antara masyarakat dan TNI, dan membantu pertumbuhan ekonomi. Dalam festival nanti akan digelar berbagai lomba untuk segala segmen dan melibatkan ratusan UMKM. 

Tonny menyebut beberapa jenis lomba, di antaranya lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak. Lomba fashion show, lomba lagu kebangsaan, lomba puisi kebangsaan, lomba panco. 

Selain itu ada juga Ngurah Rai Fun Run yang akan diikuti oleh 1.000 orang yang datang dari berbagai latar belakang. Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap pahlawan I Gusti Ngurah Rai.
 
Adapula parade berbusana pakaian perjuangan. Ini melibatkan anak-anak remaja berjumlah 1.000 orang. Bila mencapai 1.000 orang maka ini berpotensi memecahkan rekor MURI. 

Selain itu festival ini juga untuk membangkitkan ekonomi Bali, khususnya Kota Denpasar. Ada 100 UMKM yang terlibat. Dari 100 UMKM itu 50 persen kuliner dan 50 persen produk lain, seperti pakaian, kerajinan, dan lainnya. “Tagline festival ini adalah Persatuan, Kreativitas, Sportivitas, dan Bela Negara,” ucap Tonny. 

Seluruh kegiatan dipusatkan di Jalan PB Sudirman Denpasar. Kegiatan ini sedikit mengganggu kegiatan masyarakat di sekitar lokasi karena akan menggunakan sebagian jalan. "Tidak ada penutupan jalan. Kita mengemas acaranya agar bisa dinikmati masyarakat. Ini juga bentuk sinergitas TNI dan rakyat. Semua kegiatan yang digelar dalam festival ini dilaksanakan pada sore hari mulai pukul 16.00 Wita," kata Tonny. 7 pol

Komentar