nusabali

Thomas Tuchel Resmi Tangani Timnas Inggris

  • www.nusabali.com-thomas-tuchel-resmi-tangani-timnas-inggris

LONDON, NusaBali - Thomas Tuchel akhirnya diresmikan sebagai pelatih baru Timnas Inggris. Tuchel meneken kontrak jangka pendek sampai tahun 2025.

Pelatih asal Jerman itu akan didampingi asisten pelatih Anthony Barry. Dengan disepakatinya kontrak itu, Tuchel akan jadi manajer ketiga non-Inggris yang menangani Timnas Inggris dalam sejarah, setelah Sven-Göran Eriksson (Swedia) dan Fabio Capello (Italia).

Ya, Timnas Inggris sebelumnya ditangani pelatih interim, Lee Carsley. Sempat muncul dugaan Carsley akan dipermanenkan, tapi mengundurkan diri. Carsley menangani tim selama beberapa laga terakhir, setelah pengunduran diri Gareth Southgate beberapa waktu lalu. Performa tim sebenarnya cukup bagus, tapi petinggi FA punya pendapat berbeda.

Pada Rabu (16/10) dinihari WITA, jurnalis top Eropa termasuk Fabrizio Romano mengatakan FA menunjuk Thomas Tuchel sebagai manajer baru, dan kini diumumkan secara resmi.

Melalui akun media sosial mereka, FA pada Rabu mengumumkan penunjukan Tuchel. Pelatih Jerman itu akan menangani tim senior Inggris, didampingi asisten Anthony Barry. 

Keputusan merekrut Tuchel dan Barry disetujui Petinggi FA pada awal minggu lalu, dan Tuchel menandatangani kontraknya pada Selasa, 8 Oktober 2024. Namun FA memilih menunda pengumumannya sepekan kemudian.

Tuchel akan mulai bekerja pada 1 Januari 2025, sebelum inggris mulai berjuang di kualifikasi Piala Dunia 2206 yang digelar di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. 

Catatan Tuchel sebagai pelatih memang mengesankan, termasuk gelar liga di Prancis dan Jerman, dua kali bersama Paris Saint-Germain dan terbaru bersama Bayern Munchen pada musim 2022/2023. Tuchel pertama kali meraih trofi mayor pada 2017 saat Borussia Dortmund menjuarai Piala Jerman.

FA, khususnya Direktur Teknik John McDermott, menginginkan pelatih dengan rekam jejak kuat dalam meraih trofi. Tuchel dianggap memenuhi kriteria itu setelah sukses di berbagai klub, termasuk memenangi liga bersama Paris Saint-Germain dan Bayern Muenchen, serta membawa Chelsea juara Liga Champions. *

Komentar