nusabali

Krama Batur Gelar Ngusaba di Pura Tuluk Biyu

  • www.nusabali.com-krama-batur-gelar-ngusaba-di-pura-tuluk-biyu

BANGLI, NusaBali - Pujawali Ngusaba Purnamaning Sasih Kapat berlangaung di Pura Tuluk Biyu, Desa Adat Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Sukra Kliwon Pujut, Jumat (17/10). Serangkaian pujawali ngusaba dilaksanakan prosesi Mapepada Agung.

Upacara Mapapada Agung dimulai pukul 15.00 wita, diawali dengan Bhakti Panyambleh, dilanjutkan dengan  iring-iringan  kober, umbul-umbul dan pralingga Ida Betara. Ada 15 sekaa gong dan sekaa tarian baris ikut dalam prosesi tersebut.  Iring-iringan, berjalalan kaki sepanjang 2 kilometer ke arah Selatan dan kemudian berputar kearah Utara. Kemudian dari arah Utara Desa Batur iring-iringan kemudian kembali ke areal Pura, kemudian dilaksanakan Bhakti Pengusaban.

Jro Penyarikan Alitan didampingi Ketua Panitia Karya Ketut Sudana, menyampaikan adapun makna dari proses mepepada agung ini pada untuk wujud  syukur umat kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas anugrahnya yang diberikan kepada umatnya. “Dalam prosesesi mapapada agung Ida Bhatara yang diiring memargi ke tanggun desa macecingak untuk kemakmuran bagi umatnya,” jelasnya.

Terkait serana upakara, jelasnya, Pujawali Ngusaba kali ini menggunakan 2 ekor kerbau, 2  ekor kambing, 6 babi,  dan upakara pebangkit.   “Dalam upacara Medewaseraya  ini kami memohon agar alam semesta beserta isinya dianugerahi kedamaian, kesejahteraan, dan keselamatan," ungkapnya.

Disebutka, seluruh prosesi serangkaian Pujawali Ngusaba di Pura Tuluk Biyu Batur dipuput oleh Dane Jero Kaleran dan Kelodan, serta Dane Jero Balian  makalihan dan Dane Jero Penyarikan Mekalihan. “Secara turun temurun yang muput karya adalah Dane Jero Kaleran dan Kelodan, Dane Jero Balian makalihan," sambungnya.

Beberapa rangkaia upacara pada Sukra Pon Medangsia (18/10) Wayon Agung mapapada Pendek, bhakti penganyar Kabupaten  Badung dan Gianyar. Saniscara Wage Medangsia  (19/10), Wayon Alit dan Bhakti Penebeng, bhakti Pengider Bhuana, bhakti penganyar Kabupaten Jembrana.

Redite Kliwon Pujut (20/10) bhakti penganyar Kabupaten Klungkung.  Soma Manis Pujut (21/10) bhakti penganyar Kabupaten Tabanan. Buda  Anggara Paing Pujut  (22/10) bhakti penganyar Kabupaten  Buleleng,   Buda Pon Pujut  (23/10) bhakti penganyar Kabupaten Karangasen dan Kota Denpasar,  Werespati Wage  Pujut (24/10) bhakti penganyar Kabupaten Bangli.  Sukra Kliwon Pujut (25/10) Bakti Pepranian  Ida Bhatara-Bhatara Katurang Bakti Pepranian dilanjutkan dengan bhakti penyineban. 7esa

Komentar