nusabali

Lagi, Lahan Penampungan Cocopeat di Cupel Terbakar

  • www.nusabali.com-lagi-lahan-penampungan-cocopeat-di-cupel-terbakar

NEGARA, NusaBali - Peristiwa kebakaran kembali terjadi di area lahan penampungan serbuk sabut kelapa atau cocopeat sebuah pabrik pengolahan sabut kelapa di Desa Cupel, Kecamatan Negara, Jembrana, Jumat (18/10) siang. Kebakaran ini kembali menghanguskan sejumlah tumpukan cocopeat di lahan setempat.

Dari informasi, periwista kebakaran itu terjadi pada sekitar pukul 12.30 Wita. Titik api diketahui pertama kali muncul di sebelah timur dan tertiup angin ke arah barat. Meski api tidak sampai membesar, namun sebaran titik api di area lahan yang dipenuhi hamparan cocopeat itu cukup merepotkan. 

Karyawan pabrik setempat dan petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Satpol PP Jembrana sempat harus menyebar untuk memadamkan seluruh titik api. Kebakaran tersebut baru berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 15.30 Wita atau setelah dilakukan penanganan hampir selama 3 jam. 

Kapolsek Negara Kompol I Kadek Ardika mengatakan, belum diketahui secara pasti apa pemicu kebakaran tersebut. Namun dari keterangan beberapa saksi, tiba-tiba muncul asap disertai api di permukaan tumpukan cocopeat dan akhirnya bertebaran terbawa angin. "Tidak tahu apa penyebabnya. Namun cocopeat itu memang mudah terbakar," ujarnya. 

Dalam kejadian itu, kata Kompol Ardika, cocopeat yang terbakar tidak begitu banyak dan tidak ada laporan resmi mengenai kerugian materiel. Namun untuk mengantisipasi kejadian serupa, dari pihak karyawan pabrik setempat telah melakukan penyiraman ataupun pendinginan pada seluruh tumpukan cocopeat di lokasi. 

Untuk diketahui, kebakaran lahan cocopeat di pabrik yang sama juga sempat terbakar pada Minggu (29/9) lalu. Dalam peristiwa sebelumnya, api menghanguskan hamparan cocopeat seluas 50 are dan diperkirkan menyebabkan kerugian materiel mencapai Rp 100 juta.7ode

Komentar