nusabali

Kebun Bambu dan Kelapa 3 Hektare Terbakar

  • www.nusabali.com-kebun-bambu-dan-kelapa-3-hektare-terbakar

AMLAPURA, NusaBali - Kebun bambu dan pohon kelapa luas 3 hektare di Banjar Babakan, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (17/10) pukul 21.59 Wita, terbakar. Kebakaran ini telah ditangani petugas pemadam kebakaran.

Kelian Banjar Babakan I Putu Soma melaporkan kejadian itu diterima petugas jaga yang juga sopir regu 2, I Wayan Eka Putra. 13 petugas damkar melakukan penanganan hingga menghabiskan 14.000 liter air. Kebun 3 hektare itu milik I Made Patra.

Menurut Kelian Banjar Babakan I Putu Soma, awalnya terjadi kebakaran di rumpun bambu, mengingat tiupan angin cukup kencang dari arah Pantai Amed, maka percikan api banyak yang beterbangan, sehingga hinggap di pohon kelapa membakar bagian pelepah kelapa yang berisi tapis. Kemudian menyemburkan percikan api dari atas di malam hari hingga jadi tontonan masyarakat Banjar Babakan.

Sepintas mirip kembang api yang beterbangan di langit di malam hari. Penanganan dilakukan petugas pemadam kebakaran Karangasem dengan menyemprotkan air, mampu menjangkau hingga di puncak pohon kelapa.

Hadir di lokasi kejadian, Perbekel Purwakerti I Nengah Suanda, anggota Bhabinkamtibmas Desa Purwakerti Bripka I Nengah Sutama, dan segenap masyarakat turut memberikan bantuan agar kebakaran tidak meluas apalagi di dekat kejadian ada pemukiman.

Kelian Banjar Babakan I Putu Soma mengatakan, awalnya kebakaran terjadi di rumpun bambu lalu percikan api menjalar ke pohon kelapa. "Tiupan anginnya sangat kencang menerbangkan percikan api di rumpun bambu kemudian membakar bagian tapis di pelepah pisang, sehingga membakar pohon kelapa tersebut," katanya.

Syukurnya, semprotan air dari petugas pemadam kebakaran mampu menjangkau titik kebakaran di puncak pohon kelapa, sehingga sampai tuntas menangani kejadian itu.

Kasi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika membenarkan, melakukan penanganan kebakaran di Banjar Babakan tengah malam. Petugas hingga bolak-balik mengambil air untuk melakukan pemadaman, hingga mengahbsiakan1 14.000 liter.

"Kami berhasil memadamkan api, walau harus bolak-balik ambil air," jelasnya.7k16

Komentar