nusabali

Universitas Ngurah Rai Komitmen Mencetak Generasi Unggul untuk Indonesia Emas 2045

Gelar Wisuda Sarjana ke-43 dan Pascasarjana ke-16

  • www.nusabali.com-universitas-ngurah-rai-komitmen-mencetak-generasi-unggul-untuk-indonesia-emas-2045

MANGUPURA, NusaBali.com - Universitas Ngurah Rai (UNR) menggelar acara wisuda yang ke-43 untuk program sarjana dan yang ke-16 untuk program pascasarjana di The Westin Resort Nusa Dua, Bali pada Sabtu (19/10/2024).

Dengan tema “Mencetak Generasi Unggul untuk Indonesia Emas 2045”, acara ini dihadiri antara lain Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII, Dr. Ir. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T. IPU., ASEAN.Eng., APEC.Eng., serta Tantowi Yahya, President of United In Diversity.

Pada wisuda tahun ini, UNR melepas sebanyak 425 wisudawan dan wisudawati, baik dari program sarjana maupun magister. Sejak didirikan 45 tahun lalu, UNR telah berhasil meluluskan 11.301 orang sarjana dan magister. Rata-rata masa studi untuk program sarjana adalah 4 tahun, sementara untuk program magister adalah 1 tahun 8 bulan. Prestasi luar biasa juga ditunjukkan oleh wisudawan Program Studi Administrasi Publik, yang meraih masa studi tercepat dalam waktu 3 tahun 4 bulan, dan wisudawan Program Studi Magister Manajemen Inovasi dengan masa studi tercepat 1 tahun 6 bulan. 


Prof. Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM, M.Hum, Rektor Universitas Ngurah Rai, menyampaikan bahwa wisuda ini sangat spesial. "Kami tidak hanya meluluskan 425 sarjana dan magister, tetapi juga berkomitmen untuk mencetak generasi yang siap bersaing secara global," ujarnya. 

Ia juga menekankan pentingnya kontribusi para lulusan terhadap masyarakat dan bangsa, serta mendorong mereka untuk tetap terhubung dengan UNR melalui ikatan alumni. 

“Belajar di perguruan tinggi bukanlah perjalanan yang mudah. Keberhasilan ini menjadi bukti ketekunan dan semangat Adik-adik. Kami berharap para wisudawan dan wisudawati berani tampil penuh percaya diri, tetapi tetap rendah hati,” tambahnya. 

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ade Maharini Adiandari, S.Sos., MM, menambahkan soal rencana pengembangan program studi di UNR. "Kami akan membuka Program Studi Doktoral untuk Administrasi Publik dan program studi yang berfokus pada digitalisasi, seperti sistem informasi dan bisnis digital, untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045," terangnya.


Selain itu, UNR juga sedang menjalankan program penguatan budaya mutu berlandaskan filosofi Tri Hita Karana. Berbagai pencapaian juga telah diraih, seperti akreditasi predikat unggul untuk Fakultas Hukum dan 100% alumni UNR yang terserap di pasar kerja. UNR juga aktif dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang meningkatkan kompetensi lulusan melalui magang bersertifikat dan kegiatan lainnya.

Pada kesempatan ini, Tantowi Yahya juga menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan para wisudawan. Tema “Menuju Indonesia Emas 2045: Target dan Harapan” mendapat perhatian seksama dari mahasiswa karena memberi gambaran pemetaan dunia dalam dua dekade ke depan. 

Pada tahun 2045, kata Tantowi, diperkirakan 70% penduduk Indonesia akan berada dalam usia kerja (15-64 tahun). Visi Indonesia 2045 adalah menjadi negara yang kuat, sejahtera, inklusif, dan berkelanjutan, dengan target menjadi salah satu dari tujuh negara dengan perekonomian terbesar di dunia, serta pendapatan per kapita mencapai USD 47.000.

“Kunci untuk mencetak generasi emas dalam 10 hingga 20 tahun ke depan adalah memperluas akses terhadap pendidikan tinggi,” ujar mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru ini. 

Tantowi pun mengupas beberapa bidang karier yang diprediksi memiliki potensi besar. Mulai dari Teknologi dan Digital, Energi dan Lingkungan, Kesehatan, Keuangan, hingga Pendidikan.

“Dengan memahami potensi di berbagai bidang ini, Indonesia dapat mempersiapkan diri untuk mencapai visi Emas 2045 dan menciptakan masyarakat yang lebih baik,” ujar sosok yang dulu dikenal sebagai pembawa acara kuis di TV nasional ini.

Mengakhiri acara, Prof. Ni Putu Tirka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses pendidikan para wisudawan. "Mari kita terus berkarya, berinovasi, dan memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat, bangsa, dan negara kita tercinta. Selamat dan terima kasih juga saya sampaikan kepada keluarga wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di Universitas Ngurah Rai," tutupnya.


Komentar