nusabali

MV3 Garuda Limousine Pindad, Mobil Karya Anak Bangsa yang Dipakai Prabowo

  • www.nusabali.com-mv3-garuda-limousine-pindad-mobil-karya-anak-bangsa-yang-dipakai-prabowo
  • www.nusabali.com-mv3-garuda-limousine-pindad-mobil-karya-anak-bangsa-yang-dipakai-prabowo

JAKARTA, NusaBali.com – PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan produksi industri pertahanan dalam negeri, dalam momen bersejarah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10). Kendaraan tersebut digunakan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Mobil putih eksklusif ini menarik perhatian publik karena tampil gagah dengan pelat ‘Indonesia 1’ dan emblem “GARUDA” di bagian belakang, mengiringi Prabowo menuju Istana Merdeka setelah pelantikan.  

“Kami terharu dan bangga karena MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa, dipercaya dalam momentum bersejarah ini oleh Presiden Prabowo Subianto,” ujar Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, melalui keterangannya, Minggu. “Kepercayaan ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk buatan dalam negeri.”  

Fitur dan Spesifikasi MV3 Garuda Limousine  

Kendaraan ini dikembangkan khusus dari varian MV3 untuk keperluan Presiden dan Wakil Presiden RI. Memiliki bobot 2,95 ton, kendaraan ini berdimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter, serta didesain dengan long wheelbase untuk memberikan ruang kabin yang lebih lega dan nyaman.  

MV3 Garuda Limousine menggunakan mesin berdaya 202 PS/199 HP dengan transmisi otomatis 8 percepatan dan mampu mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam.  

“Mobil ini menampilkan karakter kuat dengan identitas Indonesia yang kental, serta dilengkapi fitur keamanan dan kenyamanan unggul,” jelas Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa.  

Sebagai produsen peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam), Pindad memprioritaskan aspek proteksi pada kendaraan ini. Bodi MV3 Garuda Limousine menggunakan composite armor dengan ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 × 51 mm NATO dan 5,56 × 45 mm M193. Kaca mobil memiliki standar anti-peluru level B5/B6, sementara ban menggunakan tipe Run Flat Tyre (RFT) berukuran R21 yang tetap berfungsi meskipun mengalami kebocoran.

Simbol Kebanggaan dan Kepercayaan

“Alhamdulillah, hari ini produk dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” lanjut Sigit. 

Prabowo tiba di Gedung MPR/DPR menggunakan Toyota Alphard, tetapi meninggalkan Kompleks Parlemen dengan MV3 Garuda Limousine berkelir putih tersebut menuju Istana Merdeka. Kendaraan itu diiringi tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres yang bergerak menuju gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.  

Dalam perjalanan menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Prabowo bersama Presiden Ke-7 RI, Joko Widodo, kembali menggunakan MV3 Garuda Limousine. Kehadiran kendaraan ini menjadi simbol kebanggaan dan wujud dukungan nyata terhadap penggunaan produk dalam negeri pada momen kenegaraan.*ant

Komentar