nusabali

Warga di Sekitar TPA Biaung Terpapar Asap

  • www.nusabali.com-warga-di-sekitar-tpa-biaung-terpapar-asap

SEMARAPURA, NusaBali - Warga di sekitar tempat pembuangan akhir (TPA) Banjar Biaung, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung terpapar asap. Pemadaman kebakaran masih berlangsung hingga Minggu (20/10).

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Dewa Putu Suarbawa, mengatakan telah melakukan upaya mempercepat penanganan kebakaran dengan mengerahkan kekuatan pasukan dan berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Bali untuk mohon bantuan. Bantuan yang akan dikirim pada Senin (21/10) hari ini yakni 2 tandon air 5.000 liter dan 2 mesin pompa portabel. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini kita bisa lebih maksimal,” kata Dewa Suarbawa.

Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika sudah memerintahkan Dinas Kesehatan melalui Puskemas Nusa Penida 1 untuk membuka layanan pemeriksaan kesehatan dan pemberian masker kepada masyarakat. “Kami juga akan minta bantuan kesehatan untuk anggota pemadam kebakaran yang bekerja di lapangan,” kata Dewa Suarbawa. Sebelumnya, 1 unit armada dikerahkan dari posko induk di Klungkung daratan menuju Nusa Penida untuk memadamkan api. Pasalnya, 1-unit Damkar yang disiagakan di Nusa Penida mengalami kerusakan.

Menurut Dewa Suarbawa, kebakaran TPA terjadi sejak Minggu (13/10) lalu. Diawali suara ledakan besar di tumpukan sampah sebelah barat dan mengeluarkan percikan api. Api langsung membakar tumpukan sampah yang kebanyakan sampah plastik. Api terus membesar dan membakar tumpukan sampah di sebelah selatan. Pada hari kedua karena angin kencang, asap sampai ke rumah warga di dekat TPA. “Petugas akan di TKP sampai api dan asap bisa dikendalikan. Kami tetap berusaha untuk penanganan yang lebih cepat,” kata Dewa Suarbawa. 7 wan

Komentar