nusabali

SMPN 2 Amlapura Tuntaskan Kegiatan Bulan Bahasa

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-tuntaskan-kegiatan-bulan-bahasa

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Amlapura telah menuntaskan pelaksanaan bulan bahasa tahun 2024. Kegiatannya dengan 12 nomor lomba melibatkan siswa kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. Bakat-bakat siswa pun terjaring untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut agar lebih optimal berprestasi saat mewakili sekolah.

Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan memaparkan, lomba tersebut terlaksana sejak 14 Oktober, dan berakhir Sabtu (19/10). "Siswa antusias ikut di 12 nomor lomba, bakat-bakat siswa telah terjaring untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut, yang nantinya mewakili sekolah di lomba-lomba tingkat kabupaten," jelas Kasek I Kadek Wirawan kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (20/10).

Dari 12 nomor lomba, katanya, dibagi-bagi beberapa kategori, misalnya lomba yang diikuti kelas VII dan kelas VIII hanya untuk lomba English Contest, kategori itu dibagi tiga jenis lomba: story telling, guiding contest, dan reading comprehension. Sedangkan yang mesti diikuti kelas VIII dan kelas IX menyediakan nomor lomba: nyurat aksara Bali, baca puisi dan menggambar ilustrasi.

Ada juga lomba untuk kelas VIII dan kelas IX yakni bercerita, matembang sekar alit dan busana adat ke pura. Lomba secara khusus menyediakan untuk siswa kelas IX yakni karaoke, bebanyolan, dan pidato bahasa Indonesia.

Setiap nomor lomba banyak pendukungnya. Karena setiap kelas ada siswa yang mewakili berlomba sehingga pesertanya bersemangat, rekan-rekan pendukungnya juga bersemangat terus memberikan motivasi.
"Peringatan bulan bahasa rutin saya laksanakan setahun sekali, tetapi semangat siswa terus meningkat, saling menunjukkan bakat dan kemampuan," kata Kadek Wirawan.

Di SMPN 2 Amlapura, katanya, bukan saja membina bidang akademis, membina non akademis. Sehingga di setiap hendak mengikuti lomba di tingkat kabupaten, tidak sulit mengirim peserta.

Pembinaannya, di setiap hari Minggu untuk beberapa bidang. "Bulan bahasa ini kan secara khusus menyediakan wadah berlomba buat siswa, selain untuk memberikan pengalaman berlomba," jelas Kadek Wirawan.

Keluar sebagai juara membaca puisi Ni Kadek Trisna Ashyana kelas VII/2, juara nyurat aksara Bali Ni Kadek Desta Widianjani kelas VII/2, juara menggambar ilustrasi Ni Putu Dian Asmitha Riyanti kelas VII/5, juara bercerita I Gusti Ayu Sekar Pratiwi kelas VIII/10, juara matembang sekar alit Ni Kadek Aprilia Armayanti kelas IX/6, juara berbusana adat ke pura berpasangan I Gede Aditya Wibawa/Putri Permata Ningrum kelas IX/11, juara berpidato Ni Komang Gauri Padma Laksmiari kelas IX/2, juara bebanyolan Ni Putu Riskayanai Putri kelas VIII/9, juara karaoke Ni Komang ratih Kumara Dewi kelas VIII/7, juara guiding contest Putu Ratu Anggita Kasih Tirtana kelas IX/2, dan lain-lian.7k16

Komentar