nusabali

Pohon Beringin dan Rumah Terbakar

  • www.nusabali.com-pohon-beringin-dan-rumah-terbakar

Petugas mengerahkan 4 mobil  agar lebih cepat memadamkan api yang muncul dari bagian pangkal pohon beringin.

AMLAPURA, NusaBali - Pohon beringin yang dikenal keramat di Tugu Pahlawan Ciung Wanara, Jalan Ciung Wanara, Amlapura, Lingkungan Celuk Negara, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Sabtu (19/10) pukul 06.26 Wita, terbakar. Kebakaran juga menimpa rumah di wilayah Subak Lumpadang, Banjar Bugbug Kaleran, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, pukul 09.23 Wita.

Kebakaran menimpa pohon  beringin. Api muncul dari bagian pangkal pohon. Berkali-kali disemprot dengan air, namun asap terus mengepul. 9 petugas yang dipimpin Kasi PKPE (Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika, kebingungan.

Api baru bisa dipadamkan, setelah menghabiskan 14.000 liter. Kebakaran itu dilaporkan petugas Polres Karangasem Briptu I Gusti Gede Sindu Artawan, laporan diterima, petugas jaga I Kadek Lolik Winata.

Hadir di lokasi kejadian, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Karangasem Bripka Prajnacita, Kepala Lingkungan Karang Tohpati Faturahman, dan masyarakat.

Petugas mengerahkan 4 mobil  agar lebih cepat memadamkan api yang muncul dari bagian pangkal pohon beringin. "Saya sendiri tidak tahu penyebab kebakaran itu, justru api muncul dari bagian pangkal pohon," kata I Wayan Putu Darma Kartika.

Hanya saja, tidak terlihat ada kobaran api, sebatas kepulan asap yang muncul ke permukaan. Namun agak sulit memadamkan karena pusat apinya tersembunyi.

Selama ini, katanya, di areal Tugu Pahlawan Ciung Wanara, setiap hari ada petugas bersih-bersih sampah, sampah berupa daun beringin berlanjut membakar sampah. Hanya saja, membakar sampah, tidak di dekat beringin, tetapi di dekat pintu keluar.

Faturahman juga membenarkan, setiap hari ada petugas Dinas Lingkungan hidup, bersih-bersih. "Tetapi saya tidak tahu, kenapa di pangkal pohon beringin, muncul api," katanya.

Lokasi kebakaran, di antara SDN 1 Karangasem dan Kantor UPTD Lab Kesehatan Dinas Kesehatan dan Gedung Pemuda. Sedangkan kebakaran di tempat terpisah yang terjadi di Banjar Bugbug Kaleran, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, membakar sebuah rumah ukuran 5 meter x 6 meter, yang dilaporkan warga I Putu Yasa diterima I Kadek Darta.

Akibat dari kebakaran itu, menimbulkan kerugian sekitar Rp 70 juta. kebakaran ditangani 12 petugas, hanya menghabiskan 6.000 liter.

"Syukurnya mobil pemadam kebakaran mampu menjangkau lokasi kebakaran yang padat pemukiman sehingga penanganan bisa lebih cepat," kata I Wayan Putu Darma Kartika.

Di lokasi kebakaran di Banjar Bugbug Kaleran, ada lima rumah penduduk yang berdampingan dan mampu terselamatkan di bahaya kebakaran itu.7k16

Komentar