nusabali

Marquez Siap Sapu Bersih Tiga Balapan

Taklukkan Martinator, Babby Alien Menangi MotoGP Australia

  • www.nusabali.com-marquez-siap-sapu-bersih-tiga-balapan

Kami memiliki balapan besar hari ini melawan Jorge Martín dan kami bersenang-senang. Kemenangan ini jelas dorongan kepercayaan diri dan kami harus meraih kemenangandi tiga balapan terakhir.

VICTORIA, NusaBali
Rider Gresini Racing, Marc Marquez berharap kemenangan di MotoGP Australia meningkatkan kepercayaan diri timnya menghadapi tiga seri balapan tersisa musim ini. Ya, Marc Marquez pun bertekad menyapu bersih tiga balapan tersisa itu.

"Kami memiliki balapan besar hari ini melawan Jorge Martín dan kami bersenang-senang. Kemenangan ini jelas dorongan kepercayaan diri dan kami harus meraih hasil seperti ini (kemenangan, red.) di tiga balapan terakhir," kata Marc Marquez, di laman resmi Gresini Racing, Minggu (20/10).

Marc Marquez mengakhiri drama panjang menghadapi pembalap Prima Pramac, Jorge ‘Martinator’ Martin, dan menjadi yang tercepat dalam balapan di Sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu. Pembalap asal Catalunya, Spanyol itu mencatat waktu 39 menit dan 47,7 detik. Sedangkan podium kedua ditempati Jorge Martin, yang disusul pembalap Ducati Lenovo, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia di podium ketiga.

Marc mengakui mengalami start buruk karena ada lalat yang masuk mengganggu pandangannya. Lalu juara dunia delapan kali itu mengambil inisiatif dengan melepas visor helm untuk mengusir lalat agar keluar.

"Sejak saat itu, kami memiliki kecepatan stabil dan terus berjuang untuk tempat kedua: Saya mencoba untuk memperoleh kecepatan yang stabil dan ketika saya mendekati Jorge, saya menyadari ada kemungkinan untuk menang," kata pembalap 31 tahun itu.

Dengan kemenangan di MotoGP Australia, membuat Baby Alien, julukan Marc Marquez,  kini memenangkan tiga grand prix pada musim ini. Kemenangan tersebut juga kian mengamankan posisi Marc Marquez di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 345 poin. Dia unggul 14 poin dari rider Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini di peringkat keempat.

Sedangkan rider Prima Pramac Racing, Jorge Martin yang memperoleh podium kedua dan mendapatkan 20 poin kian aman di puncak klasemen sementara. Rider yang dijuluki Martinator itu perlahan-lahan memperlebar jarak dari kejaran Pecco Bagnaia. Jorge kini memimpin perebutan gelar juara MotoGP usai total meraih 424 poin atau unggul 20 poin dari juara bertahan sekaligus peringkat kedua, Bagnaia.

Persaingan ketat juga terjadi dalam perebutan peringkat lima besar klasemen, rider Red Bull KTM, Brad Binder kini kian mantap di peringkat kelima dengan mengamankan 192 poin meski baru finis di peringkat ketujuh.

Sedangkan peringkat keenam dihuni pembalap Red Bull GASGAS, Pedro Acosta yang kini mengamankan 181 poin. Sedangkan peringkat ketujuh ditempati oleh pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales yang mengamankan 171 poin.

Dengan berakhirnya MotoGP Australia, maka tinggal tiga seri grand prix yang tersisa musim ini. Selanjutnya MotoGP melangsungkan MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Minggu (27/10).

Sementara itu, Marc Marquez sendiri meraih gelar juara MotoGP Australia usai mengakhiri drama sengit melawan Jorge Martin, pada balapan utama MotoGP 2024 seri ke-17 di Sirkuit Philip Island, Australia, Minggu. Marc Marquez menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 39 menit dan 47,7 detik. 

Di lap ke-25, Marquez dan Martin terlibat balapan sengit usai keduanya saling salip menyalip untuk mengamankan posisi terdepan. Lalu Baby Alien melancarkan manuver saat balapan masih menyisakan dua lap, membuat Martin tercecer ke posisi kedua. 

Marquez mempertahankan posisi terdepan untuk mengamankan kemenangan grand prix ketiganya musim ini. Sedangkan Martin harus puas di podium kedua usai finis dengan catatan +0,997. Di podium ketiga ditempati Bagnaia dengan selisih waktu +10,100 detik. ant


Hasil MotoGP Australia 2024, Minggu:
1 Marc Marquez SPA Gresini Ducati 
2 Jorge Martin SPA Pramac Ducati 
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo 
4 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati 
5 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
6 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati 
7 Brad Binder RSA Red Bull KTM 
8 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory 
9 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha 
10 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia 
11 Jack Miller AUS Red Bull KTM 
12 Johann Zarco FRA LCR Honda 
13 Alex Rins SPA Monster Yamaha 
14 Luca Marini ITA Repsol Honda 
15 Alex Marquez SPA Gresini Ducati 
16 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory 
17 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS 
18 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda 
19 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati 
20 Joan Mir SPA Repsol Honda 
21 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory 

Klasemen 10 Besar Pembalap :
1. Jorge Martin (Prima Pramac) - 424 poin
2. Francesco Bagnaia (Ducati) - 404 poin
3. Marc Marquez (Gresini Racing) - 345 poin
4. Enea Bastianini (Ducati) - 331 poin
5. Brad Binder (Red Bull KTM) - 192 poin
6. Pedro Acosta (Red Bull GASGAS) - 181 poin
7. Maverick Vinales (Aprilia Racing) - 171 poin
8. Franco Morbidelli (Prima Pramac) - 151 poin
9. Fabio Di Giannantonio (VR46) - 150 poin
10. Aleix Espargaro (Red Bull KTM) - 136 poin

Komentar