nusabali

Badung-Jepang Jajaki Kerja Sama di Berbagai Sektor

  • www.nusabali.com-badung-jepang-jajaki-kerja-sama-di-berbagai-sektor

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik inisiatif Pemerintah Kota Fujisawa, Jepang untuk melaksanakan penjajakan memperkuat kerja sama dengan Kabupaten Badung.

Penjajakan kerja sama ini difokuskan pada tiga sektor utama, yakni budaya, pariwisata, pendidikan, dan tenaga kerja.

Delegasi dari Pemerintah Kota Fujisawa pun berkunjungan langung ke Pemkab Badung pada Senin (21/10). Tim delegasi dipimpin oleh Nyoman Rudi Dewantara. Tim delegasi diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Badung I Ketut Suiasa di Ruang Nayaka Gosana I, Puspem Badung. Turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Nyoman Sujendra, Kabag Kerjasama Ida Ayu Yutri Indahgustari, Perwakilan Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, BKPSDM serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. 

Plt Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan bahwa kerja sama berkonsep Sister City ini diyakni berdampak positif dan strategis terutama bagi Kabupaten Badung. Dirinya mengingatkan bahwa kerja sama Sister City ini tidak bisa terjadi secara instan, sebab ada beberapa tahapan regulasi yang harus dipenuhi baik melalui kementerian dan kedinasan yang ada. “Harus ada proses panjang yang dilalui oleh kedua belah pihak untuk menjalin sebuah kerja sama antar negara. Kami berharap bahwa penjajakan kerja sama ini dapat terealisasikan guna mengembangkan banyak sektor untuk kemajuan Kabupaten Badung,” ujarnya.

Dijelaskan, rencana kerja sama dalam bidang budaya akan difokuskan pada pertukaran seniman, festival budaya bersama, promosi budaya hingga pelestarian warisan budaya. Sementara bentuk bidang tenaga kerja, akan difokuskan pada pelatihan vokasi, penempatan tenaga kerja, pengembangan UMKM, dan selanjutnya bisa dikembangkan hingga bidang pendidikan. Selenjutnya, di bidang pariwisata akan diarahkan pada pengembangan produk wisata yang bernilai tambah, promosi bersama, serta penerapan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.

“Kerja sama ini sangat strategis bagi Badung, tidak hanya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Badung, tetapi juga akan memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Jepang,” kata Suiasa.

Sementara itu, tim delegasi Kota Fujisawa Nyoman Rudi Dewantara menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk mengajak Pemkab Badung bekerjasama dengan konsep Sister City. “Kerja sama ini didasari atas banyaknya kesamaan antara Kabupaten Badung dengan Kota Fujisawa Jepang, meliputi struktur geografis dan juga segi kebudayaan. Kerja sama ini akan meliputi sektor pengembangan pendidikan, pariwisata, kebudayaan, dan juga pemberdayaan sumber daya manusia,” katanya. @ ind

Komentar