nusabali

Pura Agung Jagatnatha Denpasar Akan Gelar Karya Padudusan Agung

  • www.nusabali.com-pura-agung-jagatnatha-denpasar-akan-gelar-karya-padudusan-agung

DENPASAR, NusaBali - Pura Agung Jagatnatha Denpasar akan menggelar Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih yang puncaknya pada Purnama Sasih Kalima, Saniscara Paing Merakih, Sabtu (16/11).

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara menerangkan rangkaian Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha dimulai pada 26 Maret 2024 lalu. Kegiatan ini diawali dengan maturan panenten nunas pamuput tawar. 

Kemudian dilaksanakan Macaru Panca Kelud pada Jumat, 1 November 2024. Dilanjutkan Melasti dan Mapepada Karya pada Kamis, 14 November 2024. 

“Puncak Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih dilaksanakan pada Sabtu, 16 November 2024 dan Bakti Penganyar pada Minggu, 17 November 2024,” kata Surya Antara.

Selain rangkaian acara inti, Karya Padudusan Agung lan Ngenteg Linggih di Pura Agung Jagatnatha ini juga diisi lomba membuat penjor dan lomba ngelawar. 

Untuk diketahui, Pura Jagatnatha sudah mengalami renovasi pada 2023 lalu dan telah dipelaspas pada 26 Oktober 2023.

Dari semua pelaksanaan perbaikan tersebut, bangunan padmasana dibiarkan utuh seperti semula karena memiliki nilai historis. Selain itu, bale pawaregan dan perpustakaan juga tak diperbaiki.

Sementara bangunan lainnya semua dipugar dan diperbaiki total. Selain perbaikan bangunan yang ada, ada juga penambahan bale pesantian dan bale pawedaan diperlebar dengan konsep Tri Sadakha sehingga bisa tiga sulinggih sekaligus. 7 mis

Komentar