nusabali

Tahun 2024 Denpasar Berikan 35 Unit Bantuan Bedah Rumah

Pagu Anggaran Naik Jadi Rp 90 Juta Per Unit

  • www.nusabali.com-tahun-2024-denpasar-berikan-35-unit-bantuan-bedah-rumah

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar kembali menganggarkan bantuan bedah rumah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024. Total ada 35 unit bantuan bedah rumah baik di APBD induk maupun perubahan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar I Gede Cipta Sudewa, Senin (21/10). Cipta mengatakan, untuk APBD Induk 2024, ada sebanyak 18 unit bantuan bedah rumah. Dalam APBD induk, pagu per unit rumah sebesar Rp 75.000.000 termasuk pajak. 

“Ini sudah rampung semua dan sudah kami serahkan juga, sedangkan untuk APBD perubahan masih proses,” kata Cipta Sudewa.

Nilai pagu bantuan bedah tumah ini sama dengan anggaran bedah rumah di tahun 2023 lalu. Sementara pada APBD perubahan, ada sebanyak 17 unit bantuan bedah rumah. Namun pagu anggaran naik menjadi Rp 90.000.000 per unit termasuk pajak.
Cipta Sudewa mengatakan, nilai ini disesuaikan dengan kondisi harga bangunan saat ini yang mengalami kenaikan. Selain itu, ukuran rumah yang dibedah juga lebih besar dari sebelumnya. 

“Di perubahan dirancang Rp 90.000.000 termasuk pajak per unit. Karena sudah ada kenaikan harga bahan banguanan, dan lumayan besar-besar juga ukuran rumah yang akan dibedah,” katanya.

Cipta Sudewa memaparkan, untuk kriteria penerima program bedah rumah ini adalah masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Dinas Sosial. “Setelah masuk data tersebut, kami langsung survei lapangan, verifikasi stratus tanah, kesiapan bagaimana, dan kemudian datanya kami input. Itu sudah kami input tahun 2023 kemarin dan tahun ini tinggal realisasi,” ucap Cipta Sudewa.

Sementara itu, untuk pengerjaan DED, pengerjaan bangunan dan pengawasan, pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga. Selain 35 bantuan bedah rumah yang bersumber dari APBD, Cipta Sudewa menyebut ada dua unit bantuan bedah rumah dari CSR.

Saat ini terkait bantuan dari CSR tersebut masih berproses. “Ada dari CSR dua unit, diserahkan di anggaran perubahan,” paparnya. 7 mis

Komentar