nusabali

Industri Pariwisata Siap Beri Masukan Menpar

  • www.nusabali.com-industri-pariwisata-siap-beri-masukan-menpar

Ada usulan pembentukan zonasi pariwisata disertai potensi unggulan suatu daerah wisata

DENPASAR, NusaBali
Para  pelaku pariwisata Bali siap memberi masukan  kepada Menteri Pariwisata  Widiyanti Putri Wardhana Menteri Pariwisata dalam Kabinet Merah Putih di era kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran  Rakabuming Raka. Kehadiran Menpar Widiyanti Putri dan jajaran Kemenpar ke Bali  ditunggu.

Harapannya ada perencanaan baru untuk pengembangan lanjut pariwisata Indonesia  unumnya. Khususnya pariwisata Bali yang merupakan pariwisata budaya.

Kalangan pelaku pariwisata Bali mengatakan Senin (21/10).  “Sebagai pelaku pariwisata kami ucapkan selamat kepada Menteri Pariwisata(baru) dan wakilnya,”  ujar Ketua DPD Asita Bali, I Putu Winastra.

Harapannya dibawah nahkoda Menteri Widiyanti Putri, Kemenpar dapat menjadikan pariwisata Indonesia menjadi lebih baik, berkualitas dan berkelanjutan.

 “Yang jadi point, agar ada perencanaan jelas terhadap pariwisata Indonesia ke 
depan,” jelas Putu Winastra.

Dia menyarankan perlu dibuatkan semacam zonasi pariwisata, mengingat Indonesia memiliki wilayah luas. Misalnya di Indonesia bagian barat, potensi apa yang jadi unggulan. Demikian juga di kawasaan Indonesia bagian tengah dan timur, apa potensi pariwisata yang mau dikedepankan atau jadi unggulan.

“Sehingga ada keragaman, tidak monoton dengan demikian diharapkan semakin banyak menarik wisatawan untuk datang,” ujar tokoh pariwisata asal Bangli.

Khusus untuk Bali, pariwisata diharapkan bisa memperkuat budaya. Hal itu karena  Bali sudah sepakat mengedepankan pariwisata budaya.

“Jangan sampai pembangunan pariwisata merusak roh yakni budaya yang merupakan jiwa pariwisata Bali  tersebut,” ujarnya.

Untuk  itu perlu ada kebijakan dan aturan yang tegas dan jelas. Dan masih ada sejumlah hal yang mesti dibahas dan dicarikan solusinya terkait pariwisata Bali. Apalagi pariwisata Bali merupakan barometer pariwisata nasional.

“Karena itu kita berharap Menpar bisa  segera turun ke Bali. Mungkin nanti ada semacam FGD (Focus Group Discussion) yang bisa dijadikan bahan kebijakan nanti,”  demikian Putu Winastra.

Stakeholder kepariwisataan khususnya sebagai pihak yang berkecimpung langsung, tentu siap memberi masukkan. “Karena tahu  kondisi dan persoalan di lapangan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua III Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, I Nyoman Astama.

Selain bersyukur atas  pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa bakti 2024-2029 berlangsung lancar, Astama mengatakan masyarakat, khususnya  masyarakat pariwisata tentu  menaruh harapan terhadap Kabinet Merah Putih. “Kita berharap dan memastikan agar pariwisata mendapat perhatian dari pemerintah,” ujar Astama.

Menurut Astama, hal itu sangat penting mengingat sektor pariwisata telah membuktikan peran sentral dan multifungsi dalam mempercepat pemulihan ekonomi pasca Covid-19. “Karena itu sudah seyogyanya sektor pariwisata mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Prabowo-Gibran,” kata Astama.

Apalagi bagi Bali yang mengandalkan pariwisata berbasis budaya. “Kita sangat berharap ada kebijakan atau peraturan pemerintah yang dapat menjaga kelestarian sumber daya alam dan budaya Bali,” kata pelaku pariwisata asal Kelurahan Sesetan, Denpasar.

Selain kebijakan agar pariwisata bisa memperkuat alam dan budaya Bali, Astama juga mengemukakan persoalan lain. Salah satunya persaingan pasar wisata. Diantaranya kompetisi dengan sesama di negara di kawasan Asean. “Tentunya untuk pembahasan bisa berkolaborasi dengan pemda dan stakholder,” jelas Astama. K17

Komentar