nusabali

Liverpool Bertahan di Puncak, Manchester City Cetak Rekor

  • www.nusabali.com-liverpool-bertahan-di-puncak-manchester-city-cetak-rekor

LONDON, NusaBali - Liverpool kembali bertahan di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, setelah mengalahkan Chelsea 2-1 pada laga pekan ke-8 di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (20/10) malam waktu setempat.

Sedangkan Manchester City membuntuti di urutan kedua, setelah membuat rekor baru saat menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderes.

Ya, Liverpool kini tercatat meraih 21 poin dari delapan laga dan di posisi pertama klasemen sementara Liga Prime Inggris. Sedangkan Chelsea gagal kembali ke empat besar dan tertahan di peringkat enam klasemen sementara dengan 14 poin dari delapan laga.

Kemenangan Liverpool hadir lewat gol Mohamed Salah dan Curtis Jones. Sedangkan Chelsea membalas melalui Nicolas Jackson. Secara statistik, sebenarnya Chelsea lebih dominan dengan mencatatkan 57 persen penguasaan bola dan melepaskan total 11 tendangan, namun Liverpool dapat tampil lebih efektif

Selanjutnya pada pekan ke-9 EPL, Minggu (27/10) nanti, Liverpool akan menghadapi Arsenal, dan Chelsea berjumpa Newcastle.

Sementara itu, Manchester City mencetak rekor tanpa kekalahan terpanjang dalam sejarah klub tersebut yakni 31 kali. Catatan itu diraih setelah ManCity menundukkan tuan rumah Wolverhampton Wanderers 2-1, Minggu malam WITA,

Dikutip dari laman Liga Prime Inggris, rekor tanpa kalah ManCity sebelumnya adalah 30 kali yang berakhir pada tahun 2018. Jika dibandingkan dengan seluruh tim Liga Primer Inggris, catatan tanpa kalah terkini ManCity di posisi keempat.

Torehan skuad asuhan Josep ‘Pep’ Guardiola itu di bawah tiga tim yakni Arsenal (49 kali tanpa kalah, berakhir pada 16 Oktober 2004), Liverpool (44 kali, berakhir 24 Februari 2020) dan Chelsea (40 kali, berakhir 29 Oktober 2005). 

Artinya, kalau berhasil melalui 10 laga berikutnya di Liga Inggris tanpa kalah, Manchester City dapat melampaui pencapaian Chelsea.  Adapun 10 laga berikutnya ManCity, adalah melawan Southampton (kandang), AFC Bournemouth (tandang), Brighton & Hove Albion (tandang), Tottenham Hotspur (kandang), Liverpool (tandang), Nottingham Forest (kandang), Crystal Palace (tandang), Manchester United (kandang), Aston Villa (tandang) and Everton (kandang).

Prestasi ManCity tersebut pun menunjukkan kepiawaian pelatihnya, Pep Guardiola. Guardiola menjadi satu dari tiga pelatih yang berhasil membawa timnya dua kali menorehkan rentetan tidak terkalahkan di Liga Inggris. Dua lainnya yaitu Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho.

Pelatih asal Spanyol itu membawa City tanpa kalah 30 kali, yang terhenti pada 2018, dan kini 31 kali yang belum terputus sejak mereka kandas 0-1 dari Aston Villa pada Desember 2023.

Posisi tiga besar pelatih tersukses sepanjang sejarah Liga Inggris untuk urusan tidak terkalahkan, yakni Arsene Wenger saat melatih Arsenal (49 kali), disusul Jurgen Klopp (Liverpool, 44 kali), Jose Mourinho (Chelsea, 40 kali), dan Guardiola dengan 31 kali.

Namun satu-satunya pelatih di Liga Inggris yang mampu membawa dua tim berbeda tidak terkalahkan di lebih dari 25 laga adalah Jose Mourinho, saat menangani Chelsea (40 kali tanpa kalah) dan Manchester United (25 kali). ant

Komentar