nusabali

Peresmian Kantor Baru LDII Bali: Menegaskan Komitmen Membangun SDM Berwawasan Kebangsaan

  • www.nusabali.com-peresmian-kantor-baru-ldii-bali-menegaskan-komitmen-membangun-sdm-berwawasan-kebangsaan

DENPASAR, NusaBali.com — Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc., meresmikan kantor baru LDII Provinsi Bali pada Selasa (22/10) di Jalan Padang Griya II No.1, Padangsambian, Denpasar Barat.

Peresmian yang berlangsung penuh syukur ini ditandai dengan pengguntingan pita, potong tumpeng, dan penandatanganan prasasti oleh Chriswanto yang didampingi oleh Ketua LDII DPW Bali, Drs. H. Olih Solihat Karso, M.Sn, dan Wakil Ketua LDII DPW Bali, Hardilan, S.H..

Meskipun bangga dengan kantor baru LDII Bali yang dinilai representatif dan menghadap jalan, Chriswanto menegaskan bahwa kantor bukanlah satu-satunya syarat mutlak bagi organisasi untuk berfungsi. Keberadaan kantor dinilai sangat penting untuk mendukung aktivitas organisasi. Ia pun menekankan pentingnya memanfaatkan kantor dengan kegiatan yang bermanfaat. "Meski ada kantor, kalau tidak ada kegiatan, maka organisasi tidak akan berjalan. Ramaikan kantor dengan kegiatan yang positif, jangan sampai kantor kosong tanpa penghuni," pesannya.


Chriswanto juga membahas berbagai program prioritas LDII yang bertujuan membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berwawasan kebangsaan. "Kami menempatkan kebangsaan sebagai prioritas utama. LDII sebagai lembaga dakwah tidak hanya fokus pada keagamaan, tapi juga mengutamakan kebangsaan untuk membingkai persatuan dalam keberagaman," jelasnya.

Selain itu, Chriswanto menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung dakwah dan memberikan literasi digital yang positif. "Kami telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melakukan literasi digital di berbagai daerah. Kami ingin menunjukkan bahwa teknologi digital, meski ada sisi negatifnya, bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Chriswanto juga menyinggung tentang ketahanan pangan sebagai salah satu program prioritas LDII. Ia mengungkapkan, LDII telah bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan pangan melalui produksi pangan lokal seperti sorgum. "Sorgum adalah tanaman yang sangat potensial. Kami telah mempraktikkan penanamannya di berbagai daerah dan hasilnya sangat baik. Ini bisa menjadi solusi untuk ketahanan pangan," ungkapnya.

Chriswanto berharap dengan adanya kantor baru LDII Bali, organisasi ini dapat semakin aktif dalam melaksanakan program-programnya dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Bali. "Saya berharap kantor ini menjadi pusat kegiatan yang mendukung pengabdian kepada masyarakat, serta kepengurusan baru nantinya bisa lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas keorganisasian," tutupnya.

Musyawarah Wilayah IX Digelar di Puspem Badung

Sehari setekah peresmian kantor baru LDII Bali, pada hari Rabu (23/10/2024) akan dilaksanakan Muswarah Wilayah (Muswil) IX yang acaranya akan dilaksanakan di Puspem Badung. Muswil IX akan membahas Kepengurusan LDII Bali yang baru, program kerja, dan pembahasan program dan pencapaian  kepengurusan lama.

Untuk Muswil ini, persiapan sudah dilakukan jauh hari termasuk telah dilakukan audiensi Wakil Ketua DPW LDII Bali, Agus Purmadi, beserta jajaran pengurus ke Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali pada Jumat (11/10/2024). Kunjungan tersebut diterima oleh Asisten Pengawasan Kajati Bali, Susilo S.H., M.H, didampingi Kasi B,Agung Jayalantara S.H,.M.H.

Dalam pertemuan tersebut, Agus Purmadi juga menyampaikan laporan terkait berbagai kegiatan dakwah, sosial, dan kemasyarakatan yang telah dilaksanakan oleh LDII Bali. 

Komentar