nusabali

Mahasiswa dari 696 Kampus Ikuti Kompetisi Ide Bisnis Pertamina Pertamuda 2024

  • www.nusabali.com-mahasiswa-dari-696-kampus-ikuti-kompetisi-ide-bisnis-pertamina-pertamuda-2024

JAKARTA, NusaBali.com – Sebanyak 3.245 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda 2024 yang digelar oleh PT Pertamina (Persero). Ajang ini menjadi magnet bagi generasi muda yang ingin terjun ke dunia bisnis rintisan (startup).

Pendaftaran yang dibuka sejak 15 Agustus hingga 21 Oktober 2024 diikuti oleh mahasiswa dari 696 perguruan tinggi, dengan peserta terbanyak berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, dan ITB.

Wakil Presiden Stakeholder Relations & Management Pertamina, Rifky Rakhman Yusuf, menjelaskan bahwa tahun 2024 merupakan sekuel keempat Pertamuda. “Jumlah pendaftar tahun ini melonjak, menunjukkan tingginya minat mahasiswa dalam membangun startup bisnis,” ungkap Rifky.

Pertamuda 2024 dibagi dalam dua kategori: Early Stage Startups dan Energy Founder. Kategori Energy Founder diadakan khusus untuk ide-ide bisnis di sektor energi. Selain itu, 20 calon investor akan berpartisipasi dalam Demo Day, menawarkan kesempatan business matching bagi peserta yang lolos.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menambahkan, “Pertamuda adalah salah satu bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung perkembangan startup di Indonesia, sekaligus menciptakan sinergi dengan perguruan tinggi.”

Kompetisi ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan transisi energi menuju Net Zero Emission 2060. Pemenang akan mendapatkan dana pembinaan lebih dari Rp 500 juta serta program mentoring intensif.

Komentar