nusabali

Giliran Budiman Sudjatmiko-Raffi Ahmad Dilantik

Posisi Kepala Badan, Penasihat dan Utusan Khusus Presiden

  • www.nusabali.com-giliran-budiman-sudjatmiko-raffi-ahmad-dilantik

JAKARTA, NusaBali - Presiden RI Prabowo Subianto melantik lima kepala badan khusus dan enam wakil kepala badan di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10).

Selain itu, juga dilantik tujuh orang sebagai Penasihat Khusus Presiden, serta tujuh tokoh menjadi Utusan Khusus Presiden. Nama-nama kondang menggawangi lembaga-lembaga ini, seperti eks politisi PDIP Budiman Sudjatmiko yang menjabat Kepala Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan. Selain itu ada nama pesohor Raffi Ahmad yang ditunjuk Presiden Prabowo sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.

Lima kepala badan yang dilantik, yakni Aris Marsudiyanto sebagai Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus; Muliaman Darmansyah Hadad sebagai Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara; Irfan Yusuf sebagai Kepala Badan Penyelenggara Haji; Budiman Sudjatmiko sebagai Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan; dan Haikal Hassan sebagai Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Kesatu, mengangkat Aris Marsudiyanto sebagai Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus," kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretaris Negara Ninik Purwanti di Istana Negara Jakarta, Selasa kemarin.

Usai dilantik, Kepala Badan Percepatan Pengentasan Kemiskinan Budiman Sudjatmiko mengatakan menargetkan masyarakat miskin agar lebih berdaya dengan menjadikan mereka sebagai pemasok untuk Program Makan Bergizi Gratis (MBG). Menurutnya, hal itu dapat dilakukan dan salah satu caranya dengan mempersiapkan koordinasi dengan industri, khususnya yang berkaitan dengan permodalan untuk mempermudah masyarakat miskin mendapatkan modal untuk berusaha.

"Orang miskin menjadi supplier, tapi tentu saja kita sediakan akses, aset, sehingga kemudian dapat KUR (Kredit Usaha Rakyat) dipermudah. Saya akan bicara dengan perbankan, saya akan juga kepada Permodalan Nasional Madani (PNM) agar memberikan KUR," kata Budiman di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa. Ia menyebutkan dalam mengentaskan kemiskinan beragam program pemerintah dapat dimanfaatkan, salah satunya ialah melalui Program MBG. Nantinya masyarakat miskin yang memang menjadi penerima Program MBG ditargetkan Budiman bisa terlibat dalam rantai pasok penyediaan bahan makanan untuk inisiatif yang masuk ke jajaran "Delapan Program Hasil Terbaik Cepat" itu.

Sementara Selebriti dan juga pebisnis Raffi Ahmad menyatakan dirinya percaya diri untuk segera mengemban tugasnya menjadi Utusan Khusus Presiden di bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.

Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni terpilih Raffi Farid Ahmad (kiri) bersama Penasihat Khusus Presiden Terawan Agus Putranto (tengah), dan Muhadjir Effendy (kanan). –ANTARA 

Raffi mengatakan jabatan resminya yang berhubungan langsung dengan Presiden Prabowo Subianto itu membuatnya merasa lebih leluasa untuk mengabdikan diri kepada Indonesia. "Alhamdulillah, tadi berjalan dengan lancar dan saya siap bertugas untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara," kata Raffi di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Saat ditanyai mengenai program kerja, Raffi belum mau membocorkan tugas-tugas yang akan dilakukannya nanti karena masih menantikan waktu berdiskusi secara khusus bersama Presiden Prabowo Subianto. Meski begitu, ia berharap untuk urusan pembinaan generasi muda dan juga pekerja seni nantinya dapat mengakselerasi program-program yang telah disiapkan oleh Kabinet Merah Putih.

Ia juga mengatakan terbuka untuk banyak pihak berkolaborasi menyukseskan program-program dalam meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni dan memberi dampak positif bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Dalam pelantikannya sebagai utusan khusus Presiden, Raffi Ahmad ditemani oleh sang istri yang juga selebritas Nagita Slavina. Selain itu hadir juga Ibunda Raffi Ahmad Amy Qanita dan mertuanya Rietta Amalia menyaksikan langsung pelantikan tersebut. 7 ant

Komentar