nusabali

Pj Bupati Hadiri Pelatihan Teknis Potensi SAR

  • www.nusabali.com-pj-bupati-hadiri-pelatihan-teknis-potensi-sar

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menghadiri Pelatihan Teknis Potensi SAR di Ketinggian Kantor Pencarian dan Pertolongan Tahun 2024 di Kabupaten Klungkung.

Pelatihan digelar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Banjarangkan, Klungkung, Selasa (22/10). Acara dibuka oleh Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi (Basarnas) Moh Barokna Haulah. Dihadiri Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar I Nyoman Sidakarya, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, dan undangan lainnya.

Jendrika berharap dengan melaksanakan pelatihan ini, sistem penanganan operasi SAR akan lebih cepat dan tepat ditangani oleh Badan Nasional (Basarnas) dan potensi SAR yang terdekat dengan lokasi kejadian. 


Di Kabupaten Klungkung khususnya Nusa Penida, Lembongan, dan Ceningan banyak objek wisata di atas ketinggian atau di atas tebing. Jendrika berpesan agar peserta yang mengikuti pelatihan serius dan melaksanakan instruksi yang diberikan. Ilmu yang diberikan dapat terserap dan diaplikasikan dengan baik. “Utamakan keselamatan diri dan hindari sikap over confident. Perhatikan dengan seksama semua pelajaran,” pesan Jendrika

Ketua Panitia, Supriono, mengatakan pelatihan ini diikuti 50 peserta dari berbagi instasi TNI/Polri, BPBD Provinsi Bali, BPBD Bangli, BPBD Karangasasem, BPBD Gianyar, Tagana, dan lainya. Dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 22 Oktober sampai 28 Oktober di SKB Banjarangkan. 

Sambutan Deputi Basarnas, Moh Barokna Haulah, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya membangun karakter bangsa dan pencegahan di bidang SAR (Sar Preventive) dengan sasaran potensi SAR di wilayah kerja kantor pencarian, khususnya Kabupaten Klungkung. “Kami berharap potensi SAR di Klungkung dapat membantu operasi pertolongan. Klungkung memiliki keterampilan dan pengetahuan dan bekal teknik pertolongan di ketinggian,” ujar Barokna. @ wan

Komentar