nusabali

Menggali Potensi Siswa Bali Melalui Desain UI/UX dan Kompetisi Kreatif

  • www.nusabali.com-menggali-potensi-siswa-bali-melalui-desain-uiux-dan-kompetisi-kreatif

DENPASAR, NusaBali.com - Selain menjadi programmer, masuk dunia digital kini menjanjikan bidang lain yang tidak kalah menarik untuk digeluti. UI/UX design adalah salah satu jalur karier yang tengah naik daun di dunia digital saat ini.

Mendesain tampilan aplikasi dan website yang menarik, fungsional, dan mudah digunakan adalah keterampilan penting di era teknologi semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, Primakara University melalui Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Sistem Informasi, mengadakan kegiatan ‘Interaksi: Implementasi Teknologi dan Edukasi untuk Masyarakat’. 

Program yang digelar sepanjang Agustus-September 2024 bertujuan mengenalkan dasar-dasar desain antarmuka pengguna (User Interface/UI) dan pengalaman pengguna (User Experience/UX) kepada para pelajar SMA/SMK dengan menggunakan aplikasi desain populer Figma.

Dengan tema ‘Membangun Masa Depan Digital Melalui Desain Kreatif’, program ini dilaksanakan di empat sekolah yakni SMKN 2 Denpasar, SMKN 1 Gianyar, SMAN 1 Baturiti, dan SMK Widiatmika. Sebanyak 124 siswa ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka diberi kesempatan untuk belajar langsung cara mendesain antarmuka digital.

“Selama ini, banyak siswa berpikir bahwa bekerja di dunia IT hanya sebatas menjadi programmer. Melalui program Interaksi, Hima Sistem Informasi Primakara University ingin mengubah mindset tersebut,” ujar Rektor Primakara University Dr I Made Artana, SKom, MM, Rabu (23/10/2024). 

Program Interaksi mengajarkan siswa menggunakan Figma, sebuah aplikasi desain yang memudahkan pengguna untuk membuat wireframe hingga prototipe interaktif. Figma sangat populer karena memungkinkan kolaborasi langsung secara real time, sehingga cocok untuk kerja tim. Dengan menggunakan Figma, siswa mendapatkan pengalaman langsung bagaimana mendesain antarmuka digital yang keren dan user friendly.

Tidak hanya belajar teori, para peserta juga langsung praktik membuat desain UI mereka sendiri. Setelah diberikan instruksi langkah demi langkah, para siswa diajak untuk berkreasi dan menuangkan ide desain mereka menggunakan Figma. 

“Untuk menambah keseruan, ada juga kompetisi desain UI terbaik, di mana para pemenangnya mendapatkan hadiah menarik dari panitia,” kata Rektor Artana. 

Dengan rencana untuk terus mengadakan program ini setiap tahun, Primakara University berharap dapat mendukung pendidikan digital di Bali dan menginspirasi para siswa untuk lebih mengenal dunia desain digital, khususnya UI/UX. Kolaborasi berkelanjutan dalam program Interaksi juga diharapkan mempererat hubungan antara Primakara University dan sekolah-sekolah di Bali. 

“Program ini diharapkan bisa terus memberi dampak positif bagi para siswa dan sekolah, serta membantu membentuk generasi yang siap bersaing di dunia digital. Dengan keterampilan yang mereka pelajari, para siswa bisa punya fondasi yang kuat untuk karier di masa depan,” tandas Rektor Artana.

Komentar