nusabali

SERES E1 Tebar Pesona di Bali: Mobil Listrik Kompak dengan Performa Lincah

  • www.nusabali.com-seres-e1-tebar-pesona-di-bali-mobil-listrik-kompak-dengan-performa-lincah

MANGUPURA, NusaBali.com – Pulau Dewata, khususnya di Bali bagian Selatan, menjadi ajang unjuk gigi mobil listrik kompak SERES E1 pada 21-22 Oktober 2024. Penampakan kompak, imut, namun lincah, dengan warna-warni trendy mengundang perhatian masyarakat.

Gelaran selama dua hari ini diprakarsai oleh PT Sokonindo Automobile yang ingin menunjukkan mobil listrik inovatif untuk kebutuhan komuter perkotaan tersebut. Sejumlah jurnalis otomotif nasional, termasuk NusaBali menjajal langsung SERES E1.

Cing Hok Rifin, Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile, menyatakan rasa puas atas tanggapan positif dari peserta acara. “Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan komitmen kami dalam menyediakan solusi transportasi yang ramah lingkungan, sejalan dengan pariwisata berkelanjutan yang terus dikembangkan di Bali,” ujar Rifin.

Pada acara ini, SERES E1 diuji coba melintasi rute indah dari Pantai Melasti, Nusa Dua, hingga ke Pantai Jimbaran, memberikan kesempatan bagi para peserta untuk merasakan langsung performa mobil ini. 

Dengan panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, dan wheelbase sepanjang 1.960 mm serta ground clearance setinggi 135 mm, membuat SERES E1 dapat dikendarai dengan lincah di perkotaan. Dengan menggunakan ban berukuran 13 inci, mobil ini juga sarat dengan teknologi terkini. Mulai dari Electronic Stability Control (ESC) yang selama ini hanya melengkapi mobil-mobil yang kelasnya di atasnya.


Dengan ESC, SERES E1 dijaga dari kemungkinan mengalami understeer atau oversteer. Lalu, SERES E1 juga dilengkapi dengan Hill Hold Control, yang membuat pengendara tidak perlu khawatir bila harus mengerem di tanjakan. Mobil tetap berhenti walaupun injakan kaki pada pedal rem sudah dilepas. Mobil baru berjalan kembali jika pedal gas diinjak. 

Salah satu kelebihan dari SERES E1 adalah menggunakan charging port standar di Indonesia, yakni Type 2 untuk AC charging. Dengan demikian, SERES E1 dapat dengan mudah mengisi daya di SPKLU yang menggunakan EV plug AC Type 2. 

Daya baterai SERES E1 dapat diisi penuh dalam waktu 3,5 hingga 4 jam menggunakan instalasi listrik yang digunakan di rumah sehari-hari dan juga praktis ketika mengisi daya di SPKLU dengan tersedianya EV plug AC Type 2 yang sesuai dengan standard yang digunakan di Indonesia. Baterai ini juga sudah lulus Sertifikat IP67, sehingga penumpang tidak perlu khawatir tersetrum atau rusak saat melewati genangan air. 

SERES E1 memiliki empat pilihan warna; Elegant White, Oxygen Blue, Fairy Green, dan Mist Rose, dan dipasarkan di Bali dengan harga mulai dari Rp 206 juta. Ada dua varian yang dipasarkan, yakni E1 tipe B yang memiliki baterai litium dengan kapasitas 13,8 kWh yang memiliki jarak tempuh 180 km, dan E1 tipe L yang memiliki baterai litium dengan kapasitas 16,8 kWh dengan jarak tempuh 220 km. 

PT Sokonindo Automobile juga memberikan jaminan untuk SERES E1 dengan garansi 8 tahun/ 120.000 km untuk baterai, garansi 3 tahun/100.000 km untuk jaminan kendaraan serta bebas perawatan selama 3 tahun/ 100.000 km 

“Sebagai bagian dari strategi ekspansi dan edukasi yang lebih luas lagi di Indonesia, SERES berencana untuk melakukan aktivitas seperti ini di berbagai wilayah Indonesia yang memiliki potensi adopsi kendaraan listrik. Kami percaya Indonesia memiliki masa depan yang cerah untuk kendaraan listrik, dan kami berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam mendorong transisi ini,” tutup Cing Hok Rifin. 

Komentar