nusabali

Ubud Writers & Readers Festival 2024: 'Merasa Sastra CIMB Niaga' Mendorong Kreativitas

  • www.nusabali.com-ubud-writers-readers-festival-2024-merasa-sastra-cimb-niaga-mendorong-kreativitas

GIANYAR, NusaBali.com – Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2024 telah resmi dibuka pada Rabu (23/10/2024) malam.Berbagai program dilaksanakan hingga 27 Oktober 2024 yang menyebar di 50 venue Ubud, Kabupaten Gianyar. Salah satunya adalah event “Merasa Sastra CIMB Niaga” yang dilaksanakan di Museum Puri Lukisan.

Event ini didukung oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk yang  berkomitmen untuk mendukung pengembangan industri kreatif dan seni di Indonesia. “Dengan kehadiran kami di UWRF 2024, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi, seni, dan budaya dalam perkembangan Indonesia, serta memperkuat peran UMKM di era digital,” kata Widhi Nugraha Wardana, Branch Area Head - Indonesia Timur & Bali Nusra Region Area III CIMB Niaga, Rabu sore.

UWRF 2024 sendiri mengusung tema ‘Satyam Vada Dharmam Chara: Speak the Truth, Practice Kindness’ yang terinspirasi dari epik Hindu kuno, Mahabharata.

Ketua Yayasan Mudra Swari Saraswati dan juga chairman UWRF, Ketut Suardana, mengungkapkan bahwa partisipasi CIMB Niaga sangat berharga untuk keberlangsungan festival ini. 

“Tanpa dukungan dari sponsor seperti CIMB Niaga, kami tidak akan mampu menyelenggarakan acara sebesar ini. Kami sangat mengapresiasi kontribusi mereka dalam mempromosikan seni dan sastra di Bali,” ujar Ketut Suardana.

Festival ini akan dihadiri oleh lebih dari 250 pembicara dari berbagai negara, menampilkan program-program literasi, seni, dan budaya. Salah satu acara menarik adalah pertunjukan Den Kisot, adaptasi wayang golek dari karya Don Quixote de la Mancha, yang disutradarai oleh sastrawan Goenawan Mohamad.

Widhi Nugraha Wardana (kiri) bersama BookTuber Inggris Jack Edwards (kedua kiri), Penulis Korea Selatan & Nomine International Booker Prize Nominee 2022 Bora Chung (ketiga kiri), Penerima Penghargaan UWRF 2024 Lifetime Achievement Award Goenawan Mohamad (keempat kiri), Pendiri & Direktur Ubud Writers & Readers Festival Janet DeNeefe (keempat kanan), Penulis & Jurnalis Ternama Indonesia Seno Gumira Ajidarma (ketiga kanan), dan Penulis & Pengacara HAM Sara M. Saleh (kedua kanan) dalam acara Konferensi Pers Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2024 di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali, Rabu (23/10/2024).

Widhi Nugraha Wardana menekankan pentingnya digitalisasi untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) selama festival. “Kami membawa solusi digital seperti aplikasi OCTO Mobile dan uang elektronik OCTO Pay untuk memudahkan transaksi dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik,” jelas Widhi.

Pengunjung Merasa Sastra CIMB Niaga juga berkesempatan menikmati konser gratis dari Sal Priadi dan Petra Sihombing dengan syarat mengunduh aplikasi digital banking CIMB Niaga, OCTO Mobile, dan mengaktifkan OCTO Pay. Selain itu, CIMB Niaga akan menawarkan berbagai promo menarik, termasuk cashback hingga 50% dan program sosial untuk donasi buku melalui inisiatif Satu Juta Buku untuk Kejar Mimpi.

UWRF 2024 tidak hanya menjadi ajang bagi para penulis dan seniman, tetapi juga sebuah platform yang menjadikan Ubud sebagai pusat budaya dan kreativitas. Dengan dukungan CIMB Niaga, festival ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal serta memperluas jaringan bagi penggiat seni dan sastra di seluruh dunia.

Dalam konteks yang lebih luas, Ketut Suardana mencatat, “Tahun ini, kami menggunakan 50 venue dengan beragam kegiatan, dan partisipasi penulis internasional dari berbagai negara terus meningkat. Ini adalah momentum bagi kita untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Bali kepada dunia.” 

Dengan antusiasme yang tinggi, UWRF 2024 diharapkan tidak hanya menjadi tempat bertemunya ide-ide kreatif, tetapi juga menciptakan sinergi antara seni, budaya, dan industri kreatif di Indonesia.

Komentar