nusabali

Cagub-Cawagub Bali akan Hearing dengan Asosiasi Pariwisata

  • www.nusabali.com-cagub-cawagub-bali-akan-hearing-dengan-asosiasi-pariwisata

DENPASAR,NusaBali - Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali atau Bali Tourism Board (BTB) mengundang dua Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) dan Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) dalam acara yang bertajuk 'Hearing: Pariwisata Bali Mau Dibawa ke Mana?'.

Kedua pasangan calon (Paslon) di Pilgub Bali 2024 ini akan berbicara tentang arah pariwisata Bali ke depan di hadapan para pelaku pariwisata Bali.

Ketua Bali Tourism Board (BTB) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana atau Gus Agung menyatakan hearing digelar bagi kedua paslon pemimpin Bali karena BTB khususnya dan masyarakat pariwisata Bali umumnya ingin tahu visi dan misi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. Hal ini tentu saja yang berkaitan dengan arah pariwisata Bali, mau diarahkan ke mana. Selain itu juga terkait dengan dukungan paslon terhadap pariwisata Bali.

“Tidak saja BTB, namun masyarakat pariwisata secara umum ingin memperoleh gambaran tentang visi-misi kedua pasang calon di Pilgub Bali 2024,” ujar tokoh pariwisata asal Sanur, Denpasar ini saat dihubungi, Rabu (23/10). Diharapkan melalui hearing nanti, BTB dan masyarakat pariwisata bisa memperoleh gambaran  atau referensi yang mana di antara dua paslon yang dinilai paling akomodatif terhadap persoalan pariwisata Bali. 

“Ini penting diketahui. Ken ane paling seken…,” ujar Gus Agung. Untuk diketahui sebesar 51 persen lebih perekonomian Bali bergantung pada sektor pariwisata. Di dalamnya  sekitar 1,2 juta orang penduduk Bali bekerja atau terkait dengan sektor pariwisata. Sebanyak 1,2 juta itu baru pekerjanya, belum termasuk keluarganya.

Dengan demikian jelas sekali, bagaimana peran sektor pariwisata bagi perekonomian dan masyarakat Bali pada umumnya. Atas dasar fakta tersebut, jelas bargaining power dari masyarakat pariwisata signifikan sekali dalam Pilgub Bali nanti.

Terkait itu, Gus Agung membenarkan dari hearing itu nanti  tentu akan menentukan arah dukungan dari masyarakat pariwisata Bali, paslon mana yang akan dipilih nanti. Jadwal masing-masing Paslon diatur secara terpisah. Paslon nomor urut 1, Made Muliawan Arya dan Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) akan dihadirkan pada pukul 10.00-12.00 Wita. Sementara itu, paslon nomor urut 2, Wayan Koster dan I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) dijadwalkan hadir pada pukul 13.30-15.30 Wita.

Acara hearing ini akan digelar di Jimbaran Grand Ballroom, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, tanpa kehadiran panelis. Sebaliknya, para praktisi pariwisata senior dari Bali akan menjadi peserta diskusi. Sebelumnya dua pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali pada Pilgub Bali 2024, Made Muliawan Arya-I Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) dan Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) menghadiri uji publik yang digelar BEM Universitas Undayana (Unud) pada 10-11 Oktober 2024 lalu. Masing-masing paslon memaparkan visi misi dan berdiskusi dengan civitas akademika, khususnya mahasiswa di Auditorium Widya Sabha, Kampus Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. 

Paslon Mulia-PAS terlebih dahulu menyapa mahasiswa pada Kamis (10/10), dilanjutkan Paslon Koster-Giri pada Jumat (11/10). Untuk diketahui pasangan Mulia-PAS dengan nomor urut 1 diusung oleh gabungan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM Plus terdiri atas Partai Gerindra, Partai NasDem, PKS, PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKN, dan PSI, sedangkan pasangan Koster-Giri dengan nomor urut 2 diusung gabungan partai politik (PDI Perjuangan, PKB, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Perindo, PBB, Partai Ummat, dan Partai Buruh. 7 k17

Komentar