nusabali

Ratusan Peserta Ikuti Lomba Akademik SMANSA Singaraja

  • www.nusabali.com-ratusan-peserta-ikuti-lomba-akademik-smansa-singaraja

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 285 orang siswa terbaik perwakilan SMP di Buleleng dan Jembrana meramaikan lomba akademik yang digelar SMAN 1 Singaraja (Smansa), Rabu (23/10).

Mereka berkompetisi dalam 4 bidang lomba yang digelar yakni bidang lomba Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris.
 
Kepala SMAN 1 Singaraja, Ni Made Sri Astiti ditemui usai pengumuman juara menjelaskan lomba akademik sudah menjadi agenda tahunan SMAN 1 Singaraja saat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sekolah. Ajang bergengsi tingkat provinsi ini tidak hanya diikuti siswa-siswa terbaik dari Buleleng tetapi juga ada yang berasal dari SMP di kabupaten lain di Bali.
 
“Kami ingin memberikan ruang kepada siswa SMP untuk tetap berprestasi. Dari jumlah peserta anak-anak nampak sangat antusias dan lomba ini selalu ditunggu-tunggu untuk mereka mengukur kemampuan diri di bidang akademik,” ucap Sri Astiti.
 
Selain melatih anak berkompetisi dan penjaringan anak-anak berprestasi, kepesertaan ini juga bisa dipakai siswa-siswa untuk mempersiapkan diri mereka melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Meskipun tidak langsung diterima menjadi siswa baru di SMAN 1 Singaraja pada tahun ajaran baru.
 
“Mereka tetap harus berkompetisi sesuai juknis PPDB, tetapi bisa menjadi modal jika juara mendaftar di jalur prestasi, tentu itu akan dipertimbangkan dan menyesuaikan dengan juknis dan regulasi PPDB terbaru,” imbuh dia.
 
Selain lomba akademik, serangkaian HUT ke-74 SMAN 1 Singaraja akan menggelar lomba non akademik dan juga kegiatan sosial bedah rumah masyarakat Buleleng yang tidak mampu. Rangkaian HUT SMAN 1 Singaraja akan berlangsung pada Jumat (25/10) hingga Jumat (1/11) mendatang.
 
“Untuk bumbung kemanusian kami akan memberikan bantuan bedah rumah pada masyarakat yang tidak mampu. Guru, siswa dan pegawai sudah berdonasi dan dana yang terkumpul sekitar Rp 30 juta,” terang Sri Astiti.
 
Program bumbung kemanusian ini disebutnya salah satu upaya sekolah untuk membentuk siswa-siswa dengan baik dan benar. Mereka tidak hanya dituntut menguasai akademik, tetapi juga sikap sosial peduli terhadap sesama.
 
Sementara itu untuk masing-masing bidang lomba dipilih 6 besar nilai tertinggi. Mereka berhak atas piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan.7 k23

Komentar