nusabali

Para Menteri Naik Super Hercules ke Magelang

Ikuti Pembekalan Khusus di Akademi Militer

  • www.nusabali.com-para-menteri-naik-super-hercules-ke-magelang

JAKARTA, NusaBali - Jajaran menteri Kabinet Merah Putih (KMP) bertolak ke Magelang, Jawa Tengah, menumpang pesawat C-130J Super Hercules A-1340 milik TNI Angkatan Udara, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (24/10).

Para menteri tampak bersama-sama menaiki pesawat dari pintu belakang pesawat Hercules. Pesawat itu lepas landas sekitar pukul 13.38 WIB. Mereka menempuh perjalanan selama sekitar 60 menit menuju Jogjakarta.

Sebelum para menteri, wakil menteri sudah terlebih dulu lepas landas menggunakan pesawat Boeing A-7306 milik TNI AU. Para menteri kabinet kompak mengenakan kemeja putih, celana hitam dan topi berwarna biru. Jajaran menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih bertolak ke Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah untuk mengikuti pembekalan khusus di sana.

Sejumlah menteri Kabinet Merah Putih pun membagikan kesannya selama menumpangi pesawat C-130J Super Hercules A-1340 milik TNI Angkatan Udara dari Jakarta menuju Jogjakarta tersebut. "Alhamdulillah, saya dengar banyak yang doanya agak kencang suaranya. Semua tanpa ajudan atau pendamping," kata Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid melalui pesan singkat saat tiba di Bandara Internasional Adisucipto, Jogjakarta.

Ia mengatakan, Menteri ATR/BPN Nusron Wahid yang duduk bersebelahan dengannya, tidak berhenti berzikir sepanjang perjalanan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta hingga tiba di Jogjakarta. "Alhamdulillah, saya bisa tidur. Waktu jurnalis sudah pernah ke Aceh, namun ini pesawat Hercules terbaru C-130J," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan momen dirinya bersama dengan para menteri saat naik Hercules di akun Instagram @smindrawati. "Pesawat baru tercanggih yang dimiliki TNI Angkatan Udara dibeli dengan APBN #uangkita. Pesawat ini juga digunakan mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza Palestina. Bravo..!," demikian petikan keterangan foto Sri Mulyani. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut pengalaman pertamanya naik pesawat Hercules penuh dengan ketegangan dan seru. "Pak Rosan, kita hidup serius sekali, penuh dengan ketegangan karena belum pernah naik Hercules," kata Erick saat bertukar obrolan dengan Menteri Investasi dan Hilirisasi Rosan Roeslani di kabin pesawat Hercules. 

Menteri BUMN Erick Thohir berjalan memasuki Akademi Militer untuk mengikuti Retreat Kabinet Merah Putih 2024-2029 di Akmil Magelang, Jawa Tengah. –ANTARA 

Rombongan menteri, penasihat, dan utusan presiden tiba di depan gerbang Akademi Militer, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis, pada pukul 17:30 WIB. Rombongan tersebut tiba di depan gerbang Akmil dengan menggunakan bus atau sama seperti rombongan wakil menteri dan kepala badan.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih akan bertukar pesawat saat pulang dari Magelang, Jawa Tengah, ke Jakarta, Minggu (27/10). Hasan yang dikonfirmasi di Magelang, Kamis, mengatakan pesawat C-130J Super Hercules A-1340 milik TNI Angkatan Udara yang saat pemberangkatan ke Magelang digunakan para menteri, akan ditukar dengan penumpang dari para wakil menteri saat kembali ke Jakarta. "Nanti ketika kembali, para wakil menteri yang akan punya pengalaman naik Hercules. Gantian," katanya.

Dia menambahkan dalam kegiatan ‘Retreat Kabinet Merah Putih’ di Magelang, para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus dan Staf Khusus Presiden akan mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi. Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, kata Hasan, para peserta ‘Retreat Kabinet Merah Putih’ juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

Sementara itu Presiden Prabowo Subianto disambut prosesi Jajar Kehormatan oleh para prajurit TNI saat tiba di kompleks Akademi Militer, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis malam. Prosesi itu berlangsung saat Presiden Prabowo tiba di gerbang dalam Akademi Militer (Akmil) Magelang sekitar pukul 17.56 WIB. Prabowo yang kala itu berdiri dari dalam kabin mobil beratap terbuka jenis MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad, disambut saat memasuki halaman depan Akmil.

Prosesi Jajar Kehormatan dilakukan sejumlah prajurit TNI di sisi kanan dan kiri jalan dengan tabuhan drum. Sambutan itu juga dimeriahkan kehadiran masyarakat yang berkerumun di sisi luar gerbang menyambut kedatangan Presiden Prabowo. Prabowo tiba mengenakan pakaian kemeja putih yang dibalut jas warna krem dan bertopi biru.

Sebelum Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tiba di Akmil pada pukul 16.53 WIB dengan menggunakan mobil berwarna putih berpelat nomor Indonesia 2, dan langsung menghampiri para pelajar dan masyarakat yang telah bersiaga sejak Kamis siang. Berbeda dengan Prabowo dan Gibran, rombongan menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan, penasihat, dan staf khusus presiden tiba menggunakan bus berpelat nomor VIP. Presiden Prabowo Subianto sebelumnya mengatakan pembekalan menteri di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, diharapkan bisa membawa aura tradisi keberanian hingga heroisme bagi menteri kabinet, karena Magelang merupakan daerah sentra perlawanan di masa penjajahan. 7 ant

Komentar