nusabali

Dua Rumah Sakit di Badung Belum Beroperasi

Kadiskes Ungkap Sejumlah Kendala

  • www.nusabali.com-dua-rumah-sakit-di-badung-belum-beroperasi

MANGUPURA, NusaBali - Dua rumah sakit (RS) yang baru dibangun Pemkab Badung, yakni RS Suwiti (Petang) dan RS Giri Asih (Abiansemal) hingga kini tak kunjung beroperasi. Karena terbentur beberapa kendala, sehingga dua rumah sakit itu diwacanakan besar baru bisa beroperasi pada 2025 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung dr Made Padma Puspita, mengatakan dua rumah sakit baru tersebut belum bisa beroperasi maksimal karena terkendala sejumlah hal, mulai dari sarana prasarana hingga sumber daya manusia (SDM) yang belum lengkap. Dinkes Badung sendiri masih terus melengkapi persyaratan rumah sakit ini agar bisa beroperasi sebagai rumah sakit rujukan di Gumi Keris.

“Kendala selama ini adalah masalah sarana prasana dan SDM. Kalau syarat itu belum dipenuhi belum bisa beroperasi. Dan saat ini sudah dilengkapi secara bertahap, jadi tinggal menunggu waktu untuk segera beroperasi,” ujar dr Puspita belum lama ini.

Mantan Wakil Direktur Pelayanan RSD Mangusada ini juga mengungkapkan untuk sarana prasana saat ini tengah disiapkan. Begitu juga dengan SDM dan tenaga medis. Khusus SDM dan tenaga medis yang akan bertugas di dua rumah sakit baru itu sudah disiapkan bertahap melalui perekrutan CPNS dan PPPK yang dilakukan pada 2023.

Diskes Badung sendiri kembali menyatakan bahwa dua rumah sakit plat merah itu diwacanakan akan beroperasi pada 2025. Pihaknya pun meminta dukungan Komisi IV DPRD Badung agar rumah sakit plat merah yang ada di Petang dan Abiansemal ini bisa segera beroperasi.

“Target kami tahun depan dua rumah sakit baru ini sudah beroperasi. Mohon dukungannya,” harap dr Puspita. Namun demikian, dirinya belum berani memastikan di bulan apa kedua rumah sakit ini benar-benar mulai beroperasi. 7 ind

Komentar