nusabali

Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dan Pengentasan Kemiskinan

Debat Perdana Pilkada Karangasem 2024

  • www.nusabali.com-pembangunan-ekonomi-berkelanjutan-dan-pengentasan-kemiskinan

AMLAPURA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem menyelenggarakan debat perdana Pilkada Karangasem 2024 di Singaraja Hall, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Minggu (27/10).

Tema debat perdana adalah ‘Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah Karangasem’, dengan sub tema pembangunan ekonomi berkelanjutan, ketenagakerjaan dan pengurangan pengangguran, pengentasan kemiskinan, pemerataan akses pendidikan, konservasi pariwisata budaya, dan jaminan kesejahteraan masyarakat. 

Ketua KPU Karangasem I Putu Darma Budiasa mengatakan, ada lima panelis yang bertugas menyusun soal. “Soal akan diserahkan beberapa saat sebelum debat. Nanti paslon ambil amplop sendiri yang berisi satu paket soal. Semua soal kualitasnya sama,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jalan Bhayangkara Amlapura, Sabtu (26/10).

“Semua kisi-kisi materi soal itu telah disampaikan kepada tiga pasangan calon,” imbuh Darma Budiasa.
Mengenai tema pengentasan kemiskinan, akan disodorkan panelis sosiolog Prof Dr Drs I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa.

Dr Gerianta Wirawan Yasa MSi akan menjadi panelis sub tema pembangunan ekonomi berkelanjutan, link and match antara industri pariwisata potensi ekonomi Karangasem meliputi laut, gunung, dataran.

Panelis lainnya, Dr AAA Ngurah Tini Rusmini Gorda menjadi panelis sub tema pemerataan akses pendidikan. Dr Ni Made Eka Mahadewi menjadi panelis untuk sub tema konservasi pariwisata budaya. Prof Dr Ni Luh Gede Astariyani menjadi panelis untuk sub tema ketenagakerjaan dan pengurangan pengangguran.

Darma Budiasa menyatakan, tata tertib telah dijelaskan kepada ketiga tim pemenangan. Misalnya, pasangan calon tidak diperkenankan memberikan pertanyaan yang sifatnya menyerang personal pasangan calon lain. Pertanyaan antarpasangan calon harus seputar visi, misi dan program, dan lain-lain. 

Awalnya di tata tertib tertuang ada pertanyaan berupa singkatan dan istilah bahasa Inggris. Tetapi dalam pertemuan pada 23 Oktober lalu, hal itu sepakat ditiadakan. 

Bertindak sebagai moderator, Dr Ni Made Ras Amanda Gelgel dan Ni Putu Panca Wardani.

Debat perdana ini, menurut Darma Budiasa, sangat penting untuk menentukan kelancaran debat kedua dan ketiga.

KPU menetapkan setiap pasangan calon hanya diperkenankan mengajak anggota tim pemenangan dan undangan sebanyak 30 orang, dan telah terdaftar di KPU.

Mengawali debat, ketiga pasangan calon diberikan kesempatan memaparkan visi dan misinya untuk lima tahun ke depan. Sehingga nantinya pertanyaan antarcalon sebatas visi dan misi tersebut.

Di bagian lain, Ketua Bawaslu Karangasem I Nengah Putu Suardika berharap debat perdana berjalan lancar, tidak ada intervensi. Moderator dan panelis berlaku adil dan tidak memihak.

“Artinya agar moderator dan panelis netral di dalam memandu debat,” ucapnya.

Tiga paslon yang akan debat adalah pasangan nomor 1 I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya, pasangan nomor 2 I Gede Dana dan I Nengah Swadi, dan pasangan nomor 3 I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa. 7 k16

Komentar