nusabali

Reuni Akbar Teruna-Teruni Kota Denpasar Bangkitkan Semangat Kreativitas dan Kolaborasi

  • www.nusabali.com-reuni-akbar-teruna-teruni-kota-denpasar-bangkitkan-semangat-kreativitas-dan-kolaborasi

DENPASAR, NusaBali.com – Ratusan alumni Teruna-Teruni Kota Denpasar dari angkatan 2002 hingga 2024 berkumpul dalam reuni akbar yang digelar di Bali Wangi, Kesiman, pada Minggu, 27 Oktober 2024. Acara bertajuk "Back to Teruna-Teruni" ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Denpasar dengan tujuan memperkuat semangat berkarya di kalangan generasi muda Denpasar.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pemutaran video dokumentasi perjalanan Teruna-Teruni sejak 2002 hingga kini. 

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Ni Luh Putu Riyastiti, S.S., M.Par, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Direktur Asia's Treasure Kadek Wirahadi Mahartika, serta sejumlah tokoh masyarakat Kota Denpasar.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Paguyuban Teruna-Teruni Kota Denpasar 2024-2026, Made Tarayana Amada Putra, menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Denpasar yang terus memberikan ruang bagi Teruna-Teruni untuk berinovasi. “Teruna-Teruni kini berusia 22 tahun, dan selama itu kami selalu berkolaborasi dengan Pemkot Denpasar dalam kegiatan budaya dan event pariwisata. Kami juga berterima kasih atas pencanangan Teruna-Teruni Denpasar Festival yang akan berlangsung tiap tahun,” ungkap Made Tarayana.


Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Ni Luh Putu Riyastiti, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah gagasan Walikota Denpasar. “Pak Walikota berharap generasi muda di Denpasar, khususnya Teruna-Teruni, tidak hanya tampil sebagai pagar ayu, tetapi juga diberi ruang untuk berkreasi dan berinovasi. Hal ini akan memotivasi generasi muda lainnya dalam menjaga adat dan budaya Bali,” jelasnya. 

Menurut Riyastiti, Pemkot Denpasar kini sedang mempersiapkan lokasi Creative Hub yang akan menjadi ruang berkreativitas bagi pemuda Denpasar untuk memajukan Kota Denpasar sekaligus makin terkenal berkat kreasi dari anak-anak mudanya.

Pjs. Walikota Denpasar, I Dewa Gede Mahendra Putra, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Putu Riyastiti, menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang menghubungkan para alumni Teruna-Teruni dari berbagai angkatan. “Paguyuban ini diharapkan menjadi organisasi pembelajar yang terus membuka ruang bagi anggotanya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Saya harap para alumni dapat memberikan inspirasi untuk pembangunan Kota Denpasar, terutama di sektor pariwisata,” ujarnya.

Dewa Gede Mahendra Putra juga mendorong para pemuda Denpasar untuk terus menjadi duta wisata kota, menekankan pentingnya menjaga kelestarian budaya dan berkolaborasi demi Denpasar yang lebih maju. "Mari terus menjadi duta wisata dan budaya untuk Denpasar yang aman, nyaman, dan damai," ajaknya.

Acara reuni ini dimeriahkan dengan penampilan musik dari berbagai komunitas muda Denpasar dan pelepasan lampion yang menambah semarak suasana.


Komentar