nusabali

Siapkan Layanan Air Bersih dan AJS Gratis

Gus Par–Pandu saat Debat Perdana Pilkada Karangasem 2024

  • www.nusabali.com-siapkan-layanan-air-bersih-dan-ajs-gratis

Gus Par–Pandu selama kepemimpinannya nanti bertekad menurunkan tarif dasar air. Juga akan mendata tamatan SMP yang tidak mampu melanjutkan ke SMA/SMK, bakal disekolahkan.

AMLAPURA, NusaBali
Pasangan calon Bupati–Wakil Bupati Karangasem nomor urut 3 di Pilkada Karangasem 2024, I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa, bertekad menurunkan tarif dasar air yang dikelola Perumda Tirta Tohlangkir. Selain itu juga menyediakan fasilitas antar jemput siswa (AJS) gratis, khusus untuk murid SMP. 

Gusti Parwata mengemukakan hal itu di acara debat pertama Pilkada Karangasem 2024 di Singaraja Hall, Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (27/10).

Dikatakannya, menurunkan tarif dasar air bersih sangat urgen, karena kenaikan hingga 133 persen sangat membebani masyarakat, di tengah daya beli masyarakat yang masih lemah.

Sebab, dari 43.227 pelanggan Perumda Tirta Tohlangkir sebagian besar dari golongan rumah tangga sebanyak 37.059 pelanggan.

“Selain menurunkan tarif dasar air, juga melayani sambungan gratis untuk masyarakat kurang mampu,” kata Gus Par.

Belum meratanya para pelanggan mendapatkan pelayanan air bersih dari Perumda Tirta Tohlangkir, dan banyaknya keluhan layanan air bersih,  menjadi tantangan yang harus diatasi, yakni meningkatkan debit air, selain mengoptimalkan suplai air dari UPTD Telaga Waja Provinsi Bali.

Agar masyarakat Karangasem sejahtera, setidaknya kebutuhan dasar berupa air bersih terpenuhi. Selain itu, pemenuhan pelayanan air bersih juga akan menyasar 75 desa dan 3 kelurahan se–Kabupaten Karangasem. Sehingga ke depan tidak ada lagi desa yang berstatus rawan air.

Satu hal lagi tekad Gus Par, yakni memajukan bidang pendidikan dengan menyediakan fasilitas antar jemput siswa gratis. Layanan ini nanti akan bekerja sama dengan angkutan pedesaan dan angkutan perkotaan. 

Dengan cara itu, perekonomian di Karangasem semakin bangkit, tidak ada lagi anak putus sekolah, pihak orangtua siswa tidak lagi sibuk mengantar jemput siswa karena telah terlayani.

Di samping itu banyaknya siswa yang tamat SMP tidak mampu melanjutkan ke SMA dan SMK, akan didata untuk disekolahkan. “Pemerintah nantinya menanggung biaya sekolah untuk siswa kurang mampu, sehingga semua siswa tamatan SMP bisa melanjutkan ke SMA dan SMK,” tambah Gus Par. 

Mengenai visi dan misi pasangan Gus Par–Pandu, mewujudkan Karangasem yang Agung, yang bermakna, aman, gigih, unggul, nyaman, dan gemah ripah loh jinawi.

Nantinya Karangasem yang Agung tercermin dari rasa aman, bidang kamtibmas, aman berusaha, aman kebutuhan sandang dan pangan.

Saat debat kemarin antara pasangan I Wayan Kari Subali dan I Ketut Putra Ismaya, pasangan I Gede Dana dan I Nengah Swadi, serta I Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa, saling melengkapi saat sesi tanya jawab, sama-sama bertujuan memajukan Karangasem. 

Tema debat pertama kemarin adalah ‘Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah Karangasem’, dengan sub tema pembangunan ekonomi berkelanjutan, ketenagakerjaan dan pengurangan pengangguran, pengentasan kemiskinan, pemerataan akses pendidikan, konservasi pariwisata budaya, dan jaminan kesejahteraan masyarakat. 7 k16

Komentar